News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wagub Sumbar: Uang Pecahan Rp. 75.000,- Baru Peringatan HUT ke-75 RI, Tidak Peredaran Bebas di Masayarakat.

Wagub Sumbar: Uang Pecahan Rp. 75.000,- Baru Peringatan HUT ke-75 RI, Tidak Peredaran Bebas di Masayarakat.


  

Padang, merapinews.com -- Peresmian pengeluaran mata uang baru Peringati  75 tahun Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dalam bentuk uang pecahan Rp75000 diresmikan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit usai meeting secara Zoom di ruang rapat ldiikuti secara virtual oleh Gubernur se Indonesia dilayar masaing-masing, menyampamkan Senen (17/8/2020).

Nasrul Abit menyebutkan uang tersebut sudah disebarkan sebanyak 75 juta lembar, uang ini bukan untuk transaksi tetapi untuk dijadikan kenang-kenagan dalam rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia ke-75 Tahun.

Selain itu Nasrul Abit juga mengatakan, gambar pada mata uang Rp. 75.000,- itu adalah pahlawan proklamator Soekarno Hatta.

"Untuk akses uang ini akan diproses melalui Bank Indonesia, karena belum dilakukan untuk diperjual belikan dan juga bukan untuk transaksi sehari-hari, tetapi digunakan untuk koleksi dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 Tahun", ujar Nasrul Abit

Sedangkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga mengatakan pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) ke-75 Tahun Republik Indonesia telah melalui koordinasi berbagai pihak, Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, Kementerian Sekretaris Negara, dan  ahli waris para pahlawan.

"Ini bukan merupakan percetakan uang baru yang ditujukan untuk peredaran secara bebas dimasayarakat, juga bukan  tambahan likuiditas untuk kebutuhan pembiayaan atau pelaksanaan kegiatan ekonomi", kata Sri 

Sri Mulyani juga menyebut, peluncuran uang khusus tersebut dilakukan dalam rangka memperingati peristiwa dan tujuan khusus yang dalam hal ini adalah peringatan kemerdekaan republik Indonesia yang ke-75 Tahun.

Uang ini berbentuk mata uang kertas dengan nominal Rp75.000, dan jumlah uang dicetak sebanyak 75 juta yang ditanda tangani oleh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Indonesia, dalam bentuk momentum rasa syukur kemerdekaan RI. Meskipun saat ini kita dalam kondisi menghadapai wabah Covid-19," tukas Sri.(rel/asroel bb)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.