News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cv. Saranan Kontruksi Wakafkan Keuntungan Perusahaan Untuk Keselamatan Umat.

Cv. Saranan Kontruksi Wakafkan Keuntungan Perusahaan Untuk Keselamatan Umat.


Payakumbuh, merapinews.com - Upaya pemerintah kota Payakumbuh, memberi kenyaman pemakai jalan raya terus dipacu.

Berbagai pekerjaan penyelamatan jalan raya kota, yang dipecayakan pada rekanan sebagian diantaranya mendapat apresiasi. Bahkan ada diantara rekanan itu yang tidak mengejar keuntungan semata. 

CV. Sarana Kontruksi, sebuah perusahaan kecil yang mendapatkan pekerjaan pembangunan saluran Drainase dan gorong-gorong di jalan Tan Malaka Km 3, kota Payakumbuh- Sumatera Barat.

Sesuai kontrak no. 15/SPK-CK/PUPR-Pyk/2020. Perusahaan itu secara manual harus membongkar tujuh pokok (tanggul kayu) yang mengganggu badan jalan.

Menurut Irel (48), penduduk sekitar, usia kayu  tebangan itu lebih setengah abad. Artinya tidak semudah yang dibayangkan membongkar tanggul kayu itu. Namun partisipasi rekanan untuk menyelamatkan jalan kota Payakumbuh itu di apresiasi tokoh masyarakat Luhak Limopuluah Yulfian Habib.

Sama dengan Irel, ibu dua anak tadi . Yulfian Habib, menilai, pemilik perusahaan itu mencintai pekerjaanya. 

"Perusahaan itu tidak  mengejar keuntungan semata. Partisipasinya yang diambil dari kontrak ia wakafkan untuk keselamatan umat dan pemakai jalan. Inilah yang saya apresiasi", ujar Yulfian Habib.

Menurut Habib. Profesionalitas CV. Sarana Kontruksi tidak hanya pada fisik proyek. Keselamatan pekerja (buruh) malah lebih diutamakan. 

Hal itu terlihat ketika alat berat escavator digerakan, semua pekerja harus memakai Alat Pelindung Keselamatankerja (APK).

"Pekerjaan Cv. Sarana Kontruksi itu harus kami kawal terus", ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (Kadis PUPR) kota Payakumbuh Muslim. 

Alasanya, urai Muslim melalui pengawas lapangan Kabid Cipta Karya PUPR kota Payakumbuh Rico. 

Rico, mengungkapkan ada tiga elemen yang harus dijaga dan diselamatkan dilingkungan proyek Cv. Sarana Kontruksi itu, selain pipa-pipa milik Perumda Tirta Sago (PDAM), juga disekitar proyek bentangan kabel telefon jangan sampai terganggu.

Menjawab pertanyaan. Rico mengakui. Pembongkaran tanggul kayu dengan alat berat itu diluar kontrak. 

"Pekerjaan itu sebagai bentuk partisipasi perusahaan", ujar Rico didampingi konsultan pengawas Deri, dan Konsultan perusahaan Zico.

Sejauh ini belum diperoleh keterangan dari pemilik perusahaan Cv. Sarana Kontruksi Iswandi Bakir, (asroel bb/jefri)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.