News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Komisaris CV. Ellena Tanggapi Berita Mutu Pekerjaan Perusahaanya Dibawah Standar.

Komisaris CV. Ellena Tanggapi Berita Mutu Pekerjaan Perusahaanya Dibawah Standar.


Payakumbuh. Merapinews.com - Upaya pemerintah memberikan kenyamanan, kelancaran arus lalu lintas agar perekonomian terus bergerak, berbagai upaya dilakukan dan itu perlu di apresiasi.

Meski upaya itu berbiaya tinggi. Seperti membangun saluran drainase dan memperbaiki gorong-gorong disisi kiri-kanan jalan agar arus air tidak mengenangi  (banjir) badan jalan.

Tapi upaya itu dimanfaatkan oknum rekanan yang dipercaya pemerintah mengerjakan proyek memperkaya diri dengan menurunkan kualitas material bangunan terpasang. Meski pekerjaan itu terlihat baik, namun mutu pekerjaan diragukan yang berpotensi merugikan negara.

Setidaknya ini dapat dilihat dari pekerjaan pembangunan gorong-gorong dan drainase dijalan Rasuna Said, kota Payakumbuh. Kecamatan Payakumbuh Timur. Kota Payakumbuh - Sumatera Barat.

Bagi orang awam pekerjaan rekanan CV. Allena. Rekanan yang ditunjuk pemerintah mengerjakan proyek itu melalui Penunjukan Langsung (PL) terlihat tidak bermasalah. Namun bila ditelisik, material terpasang ditenggarai menyimpang dari kontrak kerja.


Sinyalemen itu dibantah oleh Komisaris CV Allena Asferizal. Melaui surat sanggahan berita yang dikirim ke Radaksi merapimews.com Jumat 4/9. Ia menyebut material terpasang pada pekerjaan itu sudah melalui kelayakan mutu hasil uji labor.

"Hasil pemeriksaan labor", katanya sudah memenuhi syarat untuk pelaksanaan pekerjaan pembangunan Drainase jalan Rasuna Said Kecamatan Payakumbuh Barat kota Payakumbuh, imbuhnya Komisaris CV. Allena.

Bahkan hasil uji material di Labor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Limapuluh Kota 24 Agustus 2020 lalu pasangan beton berbentuk huruf "U", merupakan keselarasan campuran sebelum pengerjaan pengecoran dilaksanakan. 

Percobaan lapangan (Trial Mix),  sudah dilakukan dan disaksikan tim pengawas uji labor. Sehingga baik tim analisis labotarium Dedy Suryadi ST, maupun Kepala Unit Pekayanan Teknis (UPT) Alat Berat dan Labor Dinas PU Kabupaten limapuluhkota Irwan Apriadi, bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Yunire Yunirman ST. M. Si, merekomendasikan material yang kami pasang sudah memenuhi persyaratan tehnis.

Jadi tidak ada keraguan mutu material seperti yang di beritakan dibawah standar K.175. Sebab CV. Allena konsisten memperhatikan kekentalan (konsensi) beton dengan mempertahankan ukuran Slump, sehingga ukuran beton sesuai dengan yang direncakan.

Kalaupun ada pasangan yang terkelupas, ketika media ini melakukan obserfasi dilokasi proyek Jumat 4/9 terlihat limbah itu, merupakan limbah semen yang berserakan sebelum dibersihkan.

Mengacu mekanisme yang tertuang dalam fasal 5 ayat 2 dan fasal 5 ayat 3. Undang-undang No.40 tahun 1999 tentang Pers dan kode etik Jurnalistik. Pers selalu menjaga martabat setiap orang dan indifidu yang dirugikan dalam pemberitaan. 

Demikian juga halnya dengan pemberitaan yang kami turunkan tanpa melalui konfirmasi dengan obyek berita yang mengakibatkan ada pihak-pihak yang dirugikan.

 Maka sesuai dengan implementasi hak jawab yang tertuang dalam makna UU no.40/99 tentang kode etik Jurnalistik. Kami menyatakan mencabut berita dibawah judul "Kualitas Pekerjaan CV. Arena di Payakumbuh di Bawah Standar", dan kepada semua pihak untuk dapat makluminya. (asroel bb)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.