News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

70 Persen Kepala Keluarga Kota Padang Panjang Sudah Terima BST

70 Persen Kepala Keluarga Kota Padang Panjang Sudah Terima BST



Padangpanjang.merapinews - Bentuk kepedulian pemerintah kota Padang Panjang, terhadap masyarakat  terdampak pandemi covid 19, salah satunya ditunjukkan dengan memberikan Bantuan Sosial Tunai (BST) berkelanjutan.


Walikota Padang Panjang H, Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, menyatakan hal itu dalam dialog interaktif dengan tema "Tantangan dan Manfaat Penyaluran Bantuan Sosial Tunai  Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19", di RRI Pro 2 di Kota Padang, Kamis, (1/10).

Walikota Fadly Amran saat itu, menjadi narasumber bersama Kepala Pos Cabang Padang Sartono dan Akademisi, Harry Efendi Iskandar, S.S, MA.

"Hampir 70 persen KK yang terdampak Covid-19 di bantu oleh pemerintah," kata Wako Fadly. 

Bantuan itu diberikan tiga bulan berturut-turut, terhitung April, Mei dan Juni. 

Nominalnya Rp. 600.000, per KK,  500 KK berasal dari Kementerian Sosial,   Provinsi  700 KK dan dari APBD Kota Padang Panjang kurang lebih 5200 KK.

Dikatakan, kriteria penerima bantuan itu disesuaikan dengan kondisi dampak Covid-19 dan melihat situasi kekinian meskipun yang bersangkutan seorang pengusaha, bila terdampak dibantu. 

Adapun untuk tiga bulan kedepan, Oktober November dan Desember, Bantuan Langsung Tunai juga akan dikucurkan, diantaranya terdapat bantuan untuk UKM. Walikota Fadly Amran menyampaikan, seluruh OPD turut dikerahkan dalam melakukan verifikasi dan  validasi data penerima bantuan.

Artinya, dampak pandemi terhadap masyarakat sangat terasa sekali. Yang paling parah, kena nampak pandemi tersebut,  sektor ekonomi rumahan ( UMKM). Untuk itu, dengan sedikit menerima bantuan tunai dari pemerintah daerah, sedikit banyaknya bisa mengurangi beban hidup masyarakat, ujar Fafly Amran.  

Sementara, kepala Dinas Sosial PPKB PPA Kota Padang Panjang Drs.Oesman Bin Noer dihubungi secara terpisah mengatakan, untuk tiga bulan kedepan,  BLT akan diberikan dengan nominal Rp. 300.000,- Perbulannya. Bagi yang telah menerima bantuan UKM sebesar Rp. 2.400.000,-, tidak lagi menerima BLT yang 300 ribu, rencananya dalam waktu dekat ini dibagikan. Bantuan UKM berasal dari pusat dan Pemko Padang Panjang,pungkasnya.(maisonpisano)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.