News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Proyek Haram Pipanisasi di Katinggian Kabupaten Limapuluhkota Sumbar.

Proyek Haram Pipanisasi di Katinggian Kabupaten Limapuluhkota Sumbar.


Limapuluhkota, merapinews.com - Wakil Ketua Lembaga Investigasi Badan Advokasi Penyelamat Aset Negara (LI BAPAN)   Perwakilan Sumatera Barat, Zainal Abiddin HS, menilai, kegiatan pipanisasi transmisi air minum di Nagari Katinggian Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Limapuluhkota - Sumatera Barat,  dinilainya sebagai proyek haram

"Saya mengatakan proyek itu haram, karena dilokasi proyek tidak terlihat adanya tanda-tanda pekerjaan itu dikerjakan sebuah perusahaan berbadan hukum", ujarnya.

Selain itu, pemilik proyek dan rekanan yang mengerjakan jaringan pipanisasi transmisi air minum itu sengaja menutup-nutupi hak masyarakat sebagai pembayar pajak.

"Masyarakat harus tahu kemana saja uang mereka dibelanjakan melalui pajak yang sipungut", sesal Zainal. 

Padahal ada undang-undang no. 14 tahun 2008, tentang keterbukaan informasi sebagai landasan hukum yang berkaitan hak setiap warga memperoleh informasi.

Pasal 28F, sebut Zainal Abiddin HS menjawab pertanyaan, hak-hak masyarakat pembayar pajak untuk membiayai pekerjaaan transmisi pipanisasi air minum di Katinggian, itu sengaja mereka tutup-tutupi. Dan ini patut dipertanyakan.

Selain pelanggaran hak informasi publik, kata penggiat anti korupsi di Padang - Sumbar itu. Ia juga melihat, baik pemilik proyek, maupun rekanan yang mengerjakan proyek pipanisasi itu abai melindungi  keselamatan para pekerja yang mengais tanah dibahu  jalan.

Meski belum diperoleh keterangan dari rekanan proyek pipanisasi di Nagari (Desa) Katinggian itu. Menurut Zainal Abiddin HS, para pekerja itu harus siberi perlindungan kerja. Realitanya hal itu mereka abaikan. Hal itu terlihat ketika para pekerja menggali tanah, tidak terlihat adanya perlindungan.

Padahal, dalam kontrak kerja pada proyek manapun pengadaan alat keselamatan kerja itu lebih di prioritaskan dan masuk dalam kontrak, katanya

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Limapuluhkota, melalui Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Ricky, yang dikonfirmasikan melalui WA. Rabu 29/10 jam 13,26 Wib tidak merespon, kendati ia telah membaca permintaan konfirmasi.(asroel bb).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.