News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

DR. dr. Hj. Ambun Kadri, MKM : Gapailah Pendidikan Setinggi - Tingginya.

DR. dr. Hj. Ambun Kadri, MKM : Gapailah Pendidikan Setinggi - Tingginya.



Sawahlunto,merapinews.com - Dalam kehidupan bermasyarakat, ada tiga komponen pokok yang harus mendapat perhatian dan itu harus diprioritaskan. Selain masalah ekonomi dan pemberdayaan hukum yang tidak kalah penting adalah dunia pendidikan.

Tiga komponen tersebut, ujar Sekretaris Daerah (Sekda) kota Sawahlunto DR. Hj. Ambun Kdri, MKM, akan mempengaruhi sektor lainya, mulai dari hulu hingga hilir dan kita harus bisa menggerakanya.

Motivasi itu ia disampaikan di depan Kepala Sekolah, Majelis Guru, Siswa-Siswi SDIT, SMP-IT dan SMA-IT dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto.

Dunia pendidikan merupakan milik anak-anak kita yang masih berusia produktif. "Gapailah pendidikan itu setinggi mungkin, karena pendidikan itu bukan lagi barang mewah. Siapapun punya kesempatan yang sama mendapatkanya, syaratnya ada kemauan", ujar Ambun.

Pemerintah mulai dari tingkat terdepan sampai kepada tingkat yang lebih tinggi  selalu memperhatikan perkembangan peserta didik, lembaga pendidikan dan pelaku pendidikan itu.

Sementara itu Tokoh Perantau Pemerhati Pendidikan Kolonel CHK. H. Erizal, SH, menyatakan kini dunia pendidikan jauh lebih maju bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Ketika saya masih dalam usia sekolah", kata Erizal, mengenang. Pendidikan  masih dianggap barang mewah dan hanya bisa dimiliki kalangan tertentu yang ekonominya lebih baik. Tapi sekarang pendidikan itu suatu yang wajib dilakukan oleh generasi usia produktif. 

Menurut Erizal, pendidikan dasar dan menengah itu sampai tingkat usia remaja. 

Selain itu ada pendidikan Paket-A, Paket-B dan Paket-C setara dengan  pendidikan umum dan STTB atau ijazahnya digunakan untuk menyambung pendidikan  sebagai syarat mendapatkan pekerjaan sesuai dengan klasifikasi yang diperlukan, kata Erizal yang masih sebagai Perwira Menengah (Pamen) di Markas Besar TNI-AD Jakarta.

Didpingi istrinya Ny. Zheni Khalebo. Erizal  berpesan, agar meningkatkan peran aktifnya dibidang pendidikan ini. "Kalau bidang pendidikan bisa berjalan lancar, bidang-bidang lain dalam hidup dan kehidupan ini akan ikut terangkat dengan sendirinya", ujar Erizal.

Maksudnya, timpal Ny. Zheni Khalebo, pendidikan tiang utama mengangkat derajat hidup masyarakat. Kalau program pendidikan berjalan lancar. Maka bidang lain dengan sendirinya akan ikut terangkat, jelas Zheni Khalebo pada wartawan. 

Menanggapi berbagai program yang dilaksanakan Pemerintah Kota Sawahlunto saat ini, pada prinsipnya, kata Ambun, Erizal, Zheni, Irland, Masril, SHI,  dan Weldison, SE,  perlu mendapat dukungan semua lapisan masyarakat. (Beni M).

Editor: asroel bb

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.