News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bangunan Rumah Healing, Fadly Amran Jawab Tantangan Kejiwaan Warga Kota Padang Panjang.

Bangunan Rumah Healing, Fadly Amran Jawab Tantangan Kejiwaan Warga Kota Padang Panjang.


Padangpanjang,merapinews.com – Upaya Fadly Amran untuk mewujudkan visi dan misinya setelah dilantik sebagai walikota Padang Panjang Oktober 2018 tahun lalu, mulai membuahkan hasil, selain ia telah membenahi berbagai infrastruktur, membuka kesempatan bagi warganya mengembangkan usaha dan lapangan kerja, ketenangan dan kenyamanan jiwa warganya juga tidak luput dari perhatian. 

Milyaran anggaran dikucurkan untuk membangun kota berpenduduk 47 ribu jiwa itu. Paling anyer Kamis 24/6-2021 ia meresmikan rumah Healing, pertama di Sumatera, sebagai bentuk kepedulian terhadap ketenangan jiwa warga kota Padang Panjang, yang tertimpa berbagai masalah kejiawaan.

Menurut Fadlya, rumah Healing merupakan sebuah bangunan layaknya rumah yang didisain dan ditata sedemikian rupa, dengan maksud mampu membuat nyaman (tempat relaksasi) serta menenangkan pikiran dan jiwa bagi setiap orang yang mengunjunginya.

Berlokasi di Kelurahan Pasar Usang, Kecamatan Padang Panjang Barat. Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Sumatera Barat,  Heni Yunida, SE selain mengapresiasi program Pemerintah Kota Padang Panjang, dalam menggapai visi dan misinya.


Ia mengatakan, keberadaan Rumah Healing  sangat luar bisa (the best) sebagai yang pertama di Sumatera, fungsinya bisa membantu menyelesaikan persoalan-persoalan sosial di tengah masyarakat.

“Diharapkan dengan adanya Rumah Healing di Kota Padang Panjang itu, bisa menjadi percontohan bagi kabupaten/kota lainnya di Sumbar,” harap Heni Yunida.
 
Sementara itu, Wali Kota Fadly Amran menyebutkan, peresmian Rumah Healing ini merupakan pencapaian visi-misi dalam memberikan pelayanan ekstra kepada masyarakat di bidang sosial kemasyarakatan dan penyuluhan.

“Mungkin banyak masyarakat yang mengalami masalah sosial, seperti terlibat penyalahgunaan narkoba, kekerasan seksual, kekerasan dalam rumah tangga. Dengan adanya Rumah Healiang, kita akan mencari solusi terbaik untuk permasalahan sosial yang dialami tersebut,” ujar Fadly.

Senada dengan Walikota Padang Panjang Fadly Amran. Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA), Drs. Osman Bin Nur, M.Si mengungkapkan keberadaan Rumah Healing merupakan rumah tempat pemulihan terhadap 26 permasalahan sosial masyarakat, seperti anak terlantar, korban kekerasan, korban penyalahgunaan NAPZA, kelompok minoritas, lansia terlantar, dan sebagainya.

Menurut Osman bin Nur, dalam pencapaian misi dan visi Pemerintahan Kota Padang Panjang, terhadap pelayanan sosial kemasyatakatan, pihaknya akan terus membenahi berbahai fasilitas Ramah Healing itu. 

" Secara bertahap Rumah Healing itu akan dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana, termasuk sumber daya manusianya. Ini agar bisa menampung dan menyelesaikan 26 permasalahan sosial yang ada ditengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Usai peresmian, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemko dengan berbagai pihak. 

Diantaranya kerja sama dengan Universitas Al Azhar Indonesia dalam hal sistem pelayanan, dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan GANN (Gerakan Anti Narkoba Nasional) dalam hal penanganan penyalahgunaan narkoba. (asroel bb).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.