News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kasus Dugaan Tindak Pidana Korupsi Perluasan Lahan Gambir Kapur IX Mulai di Sidangkan.

Kasus Dugaan Tindak Pidana Korupsi Perluasan Lahan Gambir Kapur IX Mulai di Sidangkan.


Padang, merapinews.com  -  Kasus dugaan tindak pidana korupsi  perluasan lahan Gambir di Kecamatan Kapur IX Kabupaten Limapuluhkota, akhirnya bergulir ke ranah hukum di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Padang. Jumat 23/7.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Willy Roza Cs membidik tesangka Akh dengan fasal   berlapis.

Kasus yang menyeret Akh keranah hukum  terjadi puluhan tahun lalu. Sejumlah tersangka lainya sudah menjalani hukuman dan ada diantara mereka yang sudah kembali kemasyarakat.


Menjawab pertanyaan usai sidang JPU Willy Roza, tidak membantah pihakya membidik tersangka dengan pasal berlapis.

"Kami membidik tersangka dengan  undang-undang no. 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi, disitu ada dua fasal, yaitu fasal 2 dan 3", katanya. Ancaman hukumanya minimal lima tahun, maksimal 20 tahun.

Sidang yang berjalan selama 45 menit itu dipimpin hakim ketua Yose Ana Roslinda didamping hakim Elisya Florence dan Hendri Doni sebagai hakim anggota.

Satu hari sebelum Aky di dudukan di kursi pesakitan Pengadilan Tipikor Padang. Kepala Kejaksaan Negri (Kajari) Payakumbuh Suwarsono SH, kepada wartawan mengungkapkan. Terduga selama ini merupakan buruannya. Ia masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), baru dapat ditangkap 11 Mai 2021 di Nagari Lubuak Alai Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Limapuluhkota.

Sejauh ini belum ada penambahan tersangka lainya, selain ketua kelompok tani Tuah Sakato itu.

Dan sidang diundur Satu Pekan kedepan, ujar hakim ketua Yose Ana Roslinda SH.(asroel bb)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.