News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bupati 50 Kota Prihatin, Tak Dapat Sinyal Belajar Daring Siswa Solok Bio-Bio Panjat Tebing.

Bupati 50 Kota Prihatin, Tak Dapat Sinyal Belajar Daring Siswa Solok Bio-Bio Panjat Tebing.


Limapuluhkota,merapinews.com - Bupati Limapuluhkota Syafaruddin, prihatin. Sejumlah siswa dan pelajar anak nagari Solok Bio-Bio, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluhkota, Sumatera Barat, harus keluar rumah mendapatkan sinyal.

Fenomena memilukan dialami sejumlah pelajar dan siswa anak nagari Solok Bio-Bio,  sudah terjadi sejak tahun lalu setelah pemerintah menerapkan sistem belajar dan mengajar  secara daring, menyusul mewabahnya sebaran virus Covid 19.

"Mereka, para pelajar dan siswa itu harus mencari sinyal di area yang lebih tinggi, hal itu mereka lakukan secara bergerombol", ujar Walinagari Solok Bio-Bio Andri Helmiadi.

Menurut Andri, ratusan anak usia sekolah selama ini tidak pernah mendapatkan akses sarana komunikasi itu. 

Seharusnya nagari Solok Bio-Bio, lebih diprioritaskan mendapatkan sinyal, karena daerah itu berada dikawasan wisata Lembah Harau, sebuah kawasan wisata utama Kabupaten Limapuluhkota.

Tidak hanya sarana komunikasi yang dikeluhkan warga masyarakat, insfrastruktur jalan yang dibangun dengan dana pemerintah daerah (APBD Kabupaten) juga mengalami nasib yang sama. Buruknya sarana infrastruktur jalan Kabupaten, di Nagari Solok Bio-Bio itu berdampak terhadap hasil pertanian.

"Saya sudah menerima informasi itu. Pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait sudah saya perintahkan menindak lanjutinya," ujar Safaruddin, menjawab pertanyaan.

"Kondisi yang dialami masyarakat itu membuat saya prihatin. Padahal peningkatan dunia kepariwisataan di Kabupaten Limapuluhkota, merupakan program unggulan saya membangun perekonomian masyarakat", paparnya. 


Terpisah. Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Limapuluhkota, melalui Kepala Seksi (Kasi) Promosi dan Informaai Pariwisata Kabupaten Limapuluhkota Nofirita, tidak menampik hal itu.

"Selama ini dikawasan Wisata Lembah Harau, memang tidak terjangkau sinyal sarana komunikasi. Selama ini hal itu dikeluhkan para wisatawan yang melancong disana", katanya.

"Sesuai arahan Bapak Bupati, kini dikawasan  itu sedang di bangun tower Telkomsel. Tidak lama lagi tower itu sudah dapat di operasikan", ujar Nofi optimis.

Sementara itu Irwan Hidayat, tokoh muda anak nagari Solok Bio-Bio, menjawab pertanyan mengapresiasi sikap Bupati Limapuluhkota, yang peduli dengan kondisi yang di alami warganya.

Terimakasih pak Bupati. Insya allah kedepan anak Nagari Solok Bio-Bio, akan lepas dari belenggu ke terisoliran. Dan anak-anak usia sekolah tidak perlu lagi harus mempertaruhkan nyawa memanjat tebing untuk mendapatkan sinyal.

Senada dengan Kasi Promosi dan Informasi Pariwisata Kanupaten Limapuluhkota Nofirita, Irwan tidak membantah dikawasan obyek wisata Lembah Harau sedang dibangun tower Telkomsek. "Ya... Saat ini tengah berlangsung pembangunan tower Telkomsel", ujarnya optimis.(erman gustaf/asroel bb)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.