News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bupati Limapuluhkota: Gapoktan Mampu Atasi Kerawanan Pangan di Tingkat Nagari.L

Bupati Limapuluhkota: Gapoktan Mampu Atasi Kerawanan Pangan di Tingkat Nagari.L



Limapuluhkota,merapinews.com  -  Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) disetiap Nagari diharapkan mampu berkontribusi mengatasi kerawanan pangan.

Keberadaan Gapoktan, kata Bupati Limapuluhkota Saparuddin dt Bandaro Rajo, bisa memiliki kesepatan mengatasi berbagai permasalahan ketahanan pangan.

Bupati mengingatkan hal itu, saat peletakan batu pertama pembangunan Lumbung Pangan Situjuah Batua. Kecamatan Limonagari. Kabupaten Limapuluhkota. Selasa 1 September 2021.

Pembangunan lumbung pangan yang terintegrasi dengan RMU (Rice Miling Unit) serta stimulan modal berupa gabah, bertujuan agar Gapoktan memiliki kesepakan harga, kemasan dan pasar setelah diproduksi menjadi beras. 

Salain  itu lumbung pangan juga bertujuan bisa mengatasi kerawanan pangan di tingkat kecamatan dan nagari akibat bencana alam atau gagal panen.

Menurut Bupati Safaruddin, bantuan Pemerintah Pusat ini dapat dikelola dengan baik sesuai dengan aturan dan kegunaannya. 

"Prioritaskan penggunaan tenaga kerja anak nagari. Dan pembangunan secara swakelola lebih efektif untuk mendorong partisipasi masyarakat dengan swadaya", pesan Bupati.

Sementara Wali Nagari Situjuah Batua Don Vesky datuak Tan Marajo mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota terkait pembangunan lumbung pangan yang akan menjadi sebuah gerakan ekonomi masyarakat di nagarinya melalui Gapoktan.

   
“Alhamdulillah kepercayaan yang diberikan kepada kami akan kami kelola dengan baik, orientasinya jelas demi kesejahteran masyarakat dan menjadi sebuah gerakan ekonomi berkesinambungan di nagari kami,” ujar DV Datuak Tan Marajo.(asroel bb).


         






Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.