News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ekport ke Timur Tengah, TP PKK Kabupaten Limapuluhkota Urus Serifikat Halal Gula Semut UMKM.

Ekport ke Timur Tengah, TP PKK Kabupaten Limapuluhkota Urus Serifikat Halal Gula Semut UMKM.



Limapuluhkota,merapinewsm.com - Setidaknya di Kabupaten Limapuluhkota Sumatera Barat, tercatat 1.400 unit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak diberbagai sektor usaha

Untuk meningkatkan usaha para UMKM itu mereka butuh bimbingan.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Limapuluhkota Nelfi Zulfia Safaruddin, menyatakan hal itu terkait terkendalanya para pelaku UMKM mengurus dokumen sertifikat halal gula semut.

Menurutnya gula Semut (Saka) itu tidak hanya dikonsumsi didaerah. Negara asing juga membutuhkan.

Namun ketika di export, terkendala karena tidak didukung dokumen sertifikat halal.

Didampingi Bupati Limapuluhkota Safaruddin dt Bandaro Rajo. Nelfi Zulfia Safaruddin menyebut, selama ini sebagian masyarakat masih mengkonsumsi Air Sari Enau, yang dipermentasi (diasamkan), sehingga berobah menjadi minuman sejenis tuak yang memabukan.

Kedepan hal itu tidak perlu terjadi, karena air sari Enau itu oleh sejumlah pelaku UMKM di olah dan diproses menjadi gula semut.

"Kini pabrik gula semut itu sedang dibangun di Kecamatan Lareh Sago Halaban", ujar Nelfi Zulfia Saparuddin..

Produk inilah yang di ekport ke negara Timur Tengah, namun pengiriman (ekport) nya terkendala di Bandara, karena belum dilengkapi dokumen sertifikat halal.

"Selama ini bukan berarti para pelaku UMKM kita tidak berupaya mengurus dokumen sertifikat itu. Bisa jadi karena keterbatasan administrasi, proses pengurusanya sampai memakan waktu lama", ujar Nelfi Zulfia. Senin 20/9.

Menurutnya pengurusan sertifikat halal itu cukup simpel. Dua hari bisa selesai. Tapi karena ada sejumlah institusi yang dilalui sehingga terkesan jadi sulit. 

Menjawab pertanyaan dirumah dinas jalan Labuah Silang. Nelfi Zulfia Saparuddin mengatakan, pihaknya selalu berupaya mencari peluang pasar agar hasil produksi para pelaku UMKM didaerah Kabupaten Limapuluhkota terus meningkat.

Selain itu kini sedang dijajaki pembangunan pabrik Tapioka di Nagari Situjuah, ujarnya.(asroel bb/jefri)

 


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.