News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jelang Akhir Jabatan Riza Falepi Sebagai Walikota Payakumbuh Pengawasan Proyek Lemah

Jelang Akhir Jabatan Riza Falepi Sebagai Walikota Payakumbuh Pengawasan Proyek Lemah


Payakumbuh,merapimews.com +
Mendekati akhir jabatan Riza Fahlepi, sebagai walikota Payakumbuh, kontrol pengawasan pelaksanaan jasa kontruksi makin lemah.

Kendati negara telah menerbitkan regulasi keselamatan kerja yang diatur melalui Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang keselamatan kerja. 

Realita lapangan berbicara lain, buktinya pekerjaan Pembangunan Drainase Perkotaan jalan Rasuna Said, Kelurahan Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur, bagaikan luput dari pengawasan.

Proyek senilai Rp. 198 juta melalui Penunjukan Langsung itu telah mengabaikan keselamatan para pekerja tanpa alat pelindung diri.

"Padahal, pekerjaan itu termasuk pekerjaan rawan kecelakaan", ujar Ketua Ormas Pekat RI, Suharjono. 


Realita itu terpantau saat pekerja melakukan aktifitas penggalian drainase tanpa alat pelindung diri. Jumat 19/8-2022.

"Ini menyangkut keselamatan kerja dan nyawa anak manusia. Pemilik proyek harus tegas sekaligus menindak pelaksana jasa memberikan Alat Keselamatan Kerja (APK) sebagai yang di atur dalam UU keselamatan kerja", ujar Suharjono.

"Lemahnya pengawasan pemilik proyek jelang akan berakhir jabatan Riza Falepi sebagai Walikota Payakumbuh, sangat disayangkan. Hal ini tidak harus terjadi, namun realita lapangan berkata lain', kata Suharjono.

Saya menilai rekanan itu nakal, selain hak keselamatan pekerja diabaikan. Hak masyarakat yang membiayai drainase melalui pajak yang mereka bayar pun dikangkangi, karena tidak ada informasi melalui plang proyek.

 Meski belum diperoleh keterangan dari pemilik proyek Dinas PUPR Payakumbuh, sebab ketika dikonfirmasikan baik Kepala Dinas PUPR Muslim, maupun Kabid Tataruang Erwin, tidak berada dikantor.

"Bapak tugas luar", ujar seorang staf di Dinas  PUPR Payakumbuh, termasuk Kabid Tataruang Erwin.

Sementara seorang pekerja dilokasi yang dikonfirmasikan, menyebut nilai proyek Rp. 198 juta.

"Ya.. nilai proyek drainase perkotaan jalan Rasuna Said itu Rp. 198 juta", ujar pekerja.(as bb/dendi)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.