News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Difasilitasi Dewan Pers 72 Jurnalis Sumatra Barat Ikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW)

Difasilitasi Dewan Pers 72 Jurnalis Sumatra Barat Ikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW)


Bukittinggi,merapinews.cim -
UKW tingkat Sumatra Barat ini gandeng 2 lembaga uji PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) dan IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia).

Kegiatan ini dibuka Ketua Dewan Pers dihadiri Wali Kota Bukittinggi, di Balai Sidang Bung Hatta, Sabtu,(10/9).

Peserta UKW berjumlah 72 orang dari berbagai jenjang. Uji kompetensi bagi awak media ini dilaksanakan di Balai Sidang Hatta selama dua hari, Sabtu dan Minggu (10-11/09).

Wakil Ketua Dewan Pers Pusat, M. Agung Darmajaya, menyampaikan, uji kompetensi ini dilakukan untuk melatih awak media untuk menjadi wartawan yang kompeten. Karena para peserta diuji oleh wartawan senior, baik dari PWI dan juga IJTI.

Kegiatan ini harus diikuti dengan serius. Dengan pelaksaanaan ini, diharapkan wartawan tidak hanya mampu menulis, tapi punya kompetensi, tau betul apa yang ditulis dan bisa dipertanggungjawab -kan,” ungkapnya.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, mengapresiasi pelaksanaan UKW di Bukittinggi ini.

Wartawan dan perusahaan media harus terus meningkatkan kompetensi terutama dalam menghadapi era distrupsi informasi. Dimana, kemajuan teknologi dan berkembangnya media baru, menyebabkan semua orang bisa memproduksi sekaligus menyampaikan informasi ke masyarakat tanpa harus melalui, atau bahkan memiliki institusi media resmi.

Menurut kami, ini yang harus dibenahi lagi. Setelah ikut kompetensi, jangan menulis seperti memberi informasi di media sosial. Harus ada klarifikasi dan narasumber yang jelas. Jangan katanya, katanya. Kami siap mendukung kegiatan wartawan untuk menambah ilmu pengetahuan, melalui pengadaan buku di perpustakaan. Intinya, bagaimana kualitas wartawan Kota Bung Hatta harus lebih ditingkatkan,” ungkap Erman.

Pemko mendukung sepenuhnya pelaksanaan UKW dalam rangka meningkatkan kualitas SDM wartawan.

Semakin meningkatnya kuantitas wartawan yang kompeten maka kami yakin akan semakin meningkat pula kualitas tulisan yang dihasilkan oleh wartawan itu,” tambahnya.

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azza, menyampaikan, seorang wartawan harus meningkatkan kompetensinya. Hal ini dilakukan karena tantangan semakin berat, dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi.

“Kita berikan konsolidasi kepada seluruh wartawan. Profesionalitas wartawan harus meningkat. Wartawan harus berani untuk mengungkapkan kebenaran. Terima kasih pada PWI dan juga IJTI serta Pemko Bukittinggi yang telah mendukung pelaksanaan UKW ini,” ujarnya.

Uji Kompetensi Wartawan adalah salah satu cara yang dilakukan Dewan Pers untuk memberikan standar untuk mengukur profesionalisme seseorang dalam melakukan kerja jurnalistik.(rel/asroel bb)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.