News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kota Payakumbuh Masuk Nominasi Rebut Peduli Wisata Award Tahun 2022.

Kota Payakumbuh Masuk Nominasi Rebut Peduli Wisata Award Tahun 2022.

 

Payakumbuh,merapinews.com -

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz mengatakan, saat ini potensi pengembangan pariwisata di Payakumbuh lebih diarahkan kepada gastro tourism (wisata kuliner) dan sport tourism dengan tujuan lebih menarik wisatawa berkunjung.


Erwin Yunaz menyatakan hal itu terkait perkembangan pariwisata kota Payakumbuh kepada Tim Visitasi dan Verifikasi kegiatan Peduli Wisata Award (PWA) tahun 2022, karena Payakumbuh menjadi salah satu nominator pada penilaian tingkat Sumatera Barat.


Menurut Erwin Yunas, gastro tourism di Indonesia baru ada di dua kota di Indonesia yaitu di Ubud Bali dan kota Payakumbuh. 


Meski Ubud telah lebih awal, tapi yang terlengkap untuk gastro tourism itu di Indonesia baru kota Payakumbuh.


"Saya berharap para wisatawan akan lebih banyak berkunjung ke Payakumbuh", ujar Erwin di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Kamis 1/09/2022.


Dijelaskannya, Pemko Payakumbuh telah mengeluarkan sejumlah regulasi dalam pengembangan pariwisata. Diantaranya ada peraturan walikota, SK wali kota serta SK dari Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh.


“Mulai dari penetapan retribusi tempat rekreasi dan olah raga, penetapan kampung wisata hingga pengukuhan perkumpulan homestay di Payakumbuh. Ini semua demi kenyamanan orang yang berkunjung ke Payakumbuh,” jelasnya.


“Untuk menunjang semua itu tidak lepas dari kemudahan dalam pengurusan perizinan di Payakumbuh. Dengan kemudahan itu banyak investor yang mau berinvestasi di Payakumbuh. Sehingga akhir tahun lalu Payakumbuh diganjar sebagi terbaik nasional pelayanan investasi oleh Presiden RI,” ujar Erwin Yunaz.


Pada kesempatan yang sama. Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus pada kesempatan tersebut menekankan, untuk meningkatkan pariwisata di Payakumbuh legislatif siap mendukung dan mensuport baik itu dari segi penganggaran.


“Kita di dewan siap mendukung setiap kegiatan, apalagi untuk kemajuan pariwisata. Karena di sektor pariwisata ini pergerakan ekonomi cukup tinggi,” ucapnya.



Nada yang sama juga diungkapkan. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Payakumbuh Junaidi menegaskan untuk kemajuan dan perkembangan pariwisata di Payakumbuh ini tidak lepas dari publikasi dan promosi yang dilakukan oleh Pemko Payakumbuh.


“Tanggal 7 September 2022 mendatang, kita akan melauncing aplikasi My kopay, yang bertepatan dengan Rakor kepala daerah se Sumbar, dan langsung diresmikan oleh Bapak Gubernur Mahyeldi,” terangnya.


“Dengan adanya aplikasi ini nanti masyarakat kita akan lebih terbantu dengan informasi yang ada di aplikasi tersebut, termasuk seluruh program OPD di Payakumbuh. Nanti masyarakat bisa mengetahui lokasi wisata serta keunggulan lain Kota Payakumbuh. Serta bisa memantau Kota Payakumbuh melalui live CCTV,” tukuknya.



Sisis lain, perwakilan tim penilai Doni Hendra yang merupakan Kabid. Desninasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Sumbar menyebutkan, sebelumnya Payakumbuh sudah masuk kedalam sembilan besar, namun karena Payakumbuh sudah memenuhi tiga kriteria utama, sehingga Payakumbuh sudah masuk ke dalam tiga besar.


“Untuk menjadi yang terbaik tentu Payakumbuh harus bisa membuktikan sesuai indikator yang akan dinilai di lapangan. Kalau semua terpenuhi tentu akan menjadi yang terbaik,” pungkasnya.


Kegiatan ini juga dihadiri oleh Asisten II Elzadaswarman serta OPD terkait yang selalu mendukung untuk kemajuan pariwisata di Payakumbuh.(rel/asroel bb)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.