News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wawako Bukittinggi Jawab Pandangan Umum Terkait R-APBD Perubahan 2023.

Wawako Bukittinggi Jawab Pandangan Umum Terkait R-APBD Perubahan 2023.


Bukittinggi,merapinews.com -
Wakil Walikota Bukittinggi Marfendi, jawab pandangan umum fraksi-fraksi terkait R-APBD 2022 Perubahan dan R-APBD tahun 2023.

Jawaban itu disampaikan Wakil Walikota di Gedung Dewan DPRD Bukittinggi. Selasa 13/9.

Pada kesempatan itu Marfendi, menanggapi sekaligus menjelaskan sejumlah pertanyaan yang disampaikan fraksi-fraksi seperti, alasan terjadinya penurunan retribusi daerah, tertundanya sejumlah pembangunan seperti pembangunan SDN 08, galeri UMKM dan perbaikan rumah tidak layak huni, disamping solusi permasalahan 13 Jukir.

Untuk Raperda APBD tahun 2023 Pemerintah saat ini sedang mempersiapkan dasar Pajak Retribusi dalam bentuk satu Peraturan Daerah bagi seluruh obyek pajak daerah dan retribusi dalam bentuk satu Peraturan Daerah (Perda) sesuai Perfa No. 1 tahun 2022, tentang hubungan keuangan Pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah.

Pada kesempatan yang sama.Wakil Walikota, juga.menambahkan bahwa kayanan eks Penjara di jalan Perintis Kemerdekaan sampai saat ini belum di hibahkan oleh Kementrian Hukumham pada Pemerintah kota Bukittinggi.

Mengenai bangunan Islamic Center. Pemerintah Bukittinggi kini sedang  mencari formulasi yang tepat agar bangunan yang terbengkalai itu dapat diberdayagunakan sesuai dengan koridor hukum.

Sementara terkait dengan anggaran pemasangan Auning di Jalan Minangkabau, sejauh ini tidak mengalami perubahan pada APBD tahun 2022, termasuk dengan aspirasi pedagang. Pemko sekauh ini masih mengedepankan komunikasi sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Menurut Marfendi, untuk mencapai target pendapatan pada tahun 2023, terdapat strategi yang akan dilaksanakan seperti optimalisasi pemungutan pajak dan retribusi, menghimpun data obyek pajak dan subyek pajak/retribusi, peningkatan kuantitas dan kualitas aparatur pemungut pajak daerah melalui rekrutmen dan pelatihan serta kebijakan mutasi dan tranfer knowledge.

Disamping itu, kata Wawako pihaknya saat ini juga tengah melakukan peningkatan sarana, prasarana terhadap kesediaan tehnologi informasi yang dapat mendukung proses bisnis pumungutan pajak daerah dan retribusi daerah melalui pelaksanaan belanja modal yang efektif dan minitoring seta evaluasi anggaran berkala.(asroel bb)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.