News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Apa Iya.. Tanpa IMB Boleh Mendirikan Bangunan di Payakumbuh?.

Apa Iya.. Tanpa IMB Boleh Mendirikan Bangunan di Payakumbuh?.


Payakumbuh,merapinews.com
Barangkali dampak lemahnya pengawasan pembangunan di kota Payakumbuh, Sumatera Barat, sehingga membuat sebagian warga kota berbuat sekehendak.

Ketua Organisasi Masyarakat (Ormas) Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (Pekat IB) Dewan Perwakilan Wilayah Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh, Soeharyono, mengatakan hal itu, terkait dengan temuan pembangunan Rumah dan Toko (Ruko) tanpa memiliki Izin Mendirikan Bangunan(IMB) di Jalan Soekarno Hatta No. 27, Payakumbuh Barat. Kota Payakumbuh.

“Dinas Pekrjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kota Payakumbuh, harus mewanti-wanti pemilik Ruko itu”, katanya.


Soeharyono, menenggarai setiap orang atau sekelompok orang yang akan mendidirkan bangunan harus dan mutlak dimiliki IMB. Baik pembangunan rumah atau toko dan perkantoran baru, termasuk memperluas atau mengurangi bangunan. 

Bila persyaratan itu tidak dipenuhi oleh pemilik bangunan. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sebagai sebuah institusi yang memiliki kewenangan melakukan langkah hukum, sudah harus melakukan tindakan hukum terhadap pemilik bangunan itu.

Bila itu tidak dilaklukan oleh Dinas PUPR kota Payakumbuh, hal ini patut dipertanyakan?. 

“Saya menyesalkan leletnya Dinas PUPR kota Payakumbuh mengambil langkah-langkah hukum terhadap kasus bangunan liar”, ujar Soeharyono.

Meski belum belum diperoleh konfirmasi dari pemilik bangunan ruko di jalan Soekarnio Hatta, Payakumbuh No. 27 itu

Namun Kepala Dinas PUPR kota Payakumbuh Muslim menyikapinya. Dan menjawab pertanyaan  melalui saluran WhatApps Minggu 20/11.

Tidak banyak keterangan yang diperoleh dari Kadis PUPR kota Payakumbuh itu, hanya satu kalimat yang tertulis. “Kami sudah tiga kali mengirim Surat Peringatan (SP) pada pemilik bangunan itu”, ujar Muslim.

Demikian juga halnya ketika diajukan pertanyaan  terkait kepemilkan Ruko, yang meluncur dari goresan tangan Kadis PUPR kota Payakumbuh Muslim juga satu kata In Kopmil Hijau. “In Kopmil Hijau pemilik Ruko itu”, tulis Muslim.(asroel bb).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.