News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bupati Safaruddin Programkan Pembangunan Sarana Obyek Wisata Lembah Harau Masuk Kawasan Terujung, Terdalam dan Nagari Solok Bio-Bio.

Bupati Safaruddin Programkan Pembangunan Sarana Obyek Wisata Lembah Harau Masuk Kawasan Terujung, Terdalam dan Nagari Solok Bio-Bio.


Limapuluh Kota,merapinews.com

Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, berharap  investor yang akan membangun Homestay atau bangunan lainya di kawasan obyek Wisata Lembah Harau, lebih mengutamakan bangunan bercirikan Rumah Gadang, atau kebudayaan Minangkabau. 


“Sejauh ini saya lihat sejumlah bangunan yang ada dikawasan obyek wisata itu, tidak satupun bercirikan kebudayaan kita. Kecuali rumah hunian warga tempatan. Kedepan saya berharap hal itu jangan sampai terjadi ”, ujarnya.



Bupati menyatakan hal itu menjawab pertanyaan terkait dengan peningkatan perekonomian masyarakat terujung dan masyarakat perbatasan, di celah-celah Paripurna DPRD Kabupaten Limapuluh Kota tentang penyampaian dan penyusunan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda)  tahun 2023. Senin 6/11.


“Program peningkatan perekonomian masyarakat terujung, perbatasan dan kawasan terdalam sudah mulai dilakukan”, ujar Bupati Safaruddin. 



Bupati merujuk pembangunan infrastruktur jalan terujung Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh-Baruah Gunuang sepenjang 7 Km yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022 senilai Rp. 15,7 miliar yang dikerjakan PT. Bunga Mas. 

Sementara pembangunan infrastruktur jalan Subarang Taram Nagari Taram batas kota Payakumbuh dikerjakan PT. ATR.


Dua pembangunan infrastruktur jalan Nagari Koto Tinggi dan Nagari Taram Kecamatan Harau itu sudah mendekati penyelesaian.


Sementara pembangunan jalan lingkar aspal beton di Jorong Padang Tarok, nagari Harau sepanjang 700 meter juga sudah mendekati penyelesaian.

 Diprediksi pertengahan bulan November 2022, pembangunan jalan aspal beton  Aiepuie Gantiang (Padang Tarok) Kecamatan Harau itu sudah bisa di PHO. 



Menurut Bupati. Pekerjaan pembangunan jalan aspal beton sepanjang 700 meter itu dipercayakan pada Cv. Yoan Putra Pala.


“Perusahaan itulah pemenang lelang senilai Rp. 559 juta”, ujar Bupati Safaruddin.

Menjawab pertanyaan terkait kondisi kekinian obyek Wisata Lembah Harau, Bupati tidak menampik, pembangunan sejumlah sarana wisata dikawasan Lembah Harau itu sudah mulai jenuh. 



Itu artinya, pengembanganya harus ke bagian terdalam dan terujung Lembah Harau, termasuk ke kawasan Nagari Solok Bio-Bio. 


Dinas Pekrjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Limapuluh Kota, sudah mulai memprogramkannya, ujar Bupati. Itu terlihat dengan  dibangunya jalan lingkar di Nagari Solok Bio-Bio.


“Jalan lingkar di Nagari Solok Bio-Bio juga sudah selesai dikerjakan”, timpal Kepala Dinas PUPR Kabupaten Limapuluh Kota Rilza Hanif.



Meski Kepala Dinas PUPR Kabupaten Limapuluh Kota Rilza Hanif, tidak menyebut nilai pembangunan jalan lingkar Nagari Solok Bio-Bio, tapi dengan dibangunya jalan itu membuktikan keseriusan Pemerintah mengembangkan objek wisata di kawasan Lembah Harau, sesua misi dan visi pasangan Bupati.(asroel bb).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.