arrow_upward

Firdaus Abi: HPN Indentik Dengan PWI

Rabu, 21 Februari 2024 : Februari 21, 2024

       Musi Banyuasin, Merapinews.com  ---

Setelah Shalat Subuh, 9 orang delegasi Jurnalis anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bukittinggi, yang mengikuti serangkaian puncak Hari Pers Nasional (HPN) ke - 78 tahun 2024, Ancol Jakarta, menggelar obrolan ringan terkait beberapa hal. Diantaranya adalah pelaksanaan HPN tahun 2025 mendatang yang menurut  rencana akan dilaksanakan di Banjar Masin (Kalimantan Selatan).

Pembahasan itu dilakukan saat intermezo (istirahat) usai makan di Rumah Makan Simpang Raya, Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA), Sumatera Selatan. Kamis 23/2-2024.

Ketua delegasi PWI Bukittinggi Yetty Syamra,  mengatakan, helat wartawan yang bernaung dibawah panji-panji PWI Pusat, harus dihadiri oleh wartawan anggota PWI itu sendiri.

Ia menenggarai, tidak ada kolerasi HPN dengan organisasi wartawan lain. Kecuali organisasi wartawan itu konstituen Dewan Pers dan PWI Pusat.

Sebelumnya dilokasi HPN Ancol Jakarta, nada yang sama juga dilontarkan Sekretaris PWI Sumatera Barat, Firdaus Abi.

Abi, demikian Firdaus akrab disapa,  menilai HPN itu erat kaitannya PWI, meski diluar sana cukup banyak organisasi wartawan dan kewartawanan bila mereka bukan konstituen PWI dan Dewan Pers, mereka tidak mesti hadir mengikuti HPN, karena peringatan HPN ini diselenggarakan bertepatan dengan ulang tahun organisasi profesi PWI . 

"Saya tahu, diluar sana banyak organisasi wartawan, tapi bila mereka tidak konstituen Dewan Pers dan PWI Pusat, kurang pas rasanya hadir di HPN, kecuali mereka hanya menghadiri agenda ini sebagai tamu undangan," ungkapnya.

Meski pembahasan ba'da Subuh itu berjalan alot, akhirnya membuahkan kesimpulan bahwa PWI Kota Bukittinggi, akan berpartisipasi dengan mengirim delegasinya mengikuti HPN ke - 79 tahun 2025 mendatang, yang menurut rencana akan digelar di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Namun demikian, timpal Fadil, pembahasan rencana akan menghadiri HPN Banjarmasin tahun 2025 itu, akan kita finalkan melalui rapat dengan kawan-kawan anggota PWI lainya di Sekretariat PWI Bukittinggi, ucapnya.(asroel bb)