arrow_upward

Penambang Emas Solok Selatan Ekspansi Ke Sijunjung.

Rabu, 28 Februari 2024 : Februari 28, 2024

Solok Selatan,merapinews.com   ---

Sejumlah penambang Solok Selatan, merencanakan akan ekspansi (pindah) melakukan kegiatan penambangan emas ke Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat.

Rencana itu terungkap melalui pengakuan se orang penambang Solok Selatan, di arena Gelanggang Olah Raga (GOR) Rimbo Tangah Padang Aro, Sabtu 17/12, saat akan memasuki babak final MTQ ke – 40 tahun 2023 tingkat Provinsi Sumatera Barat, yang dilaksanakan di Kabupaten Solok Selatan.

“Pemerintah di Sijunjung membuka kran penambangan disejumlah lokasi. Namun mekanismenya masih kami pelajari”, ujar Taharuddin, seorang ayah yang anaknya juga ikut jadi khafilah MTQ Kabupaten Solok Selatan. 

Ia mengatakan sejumlah rekan mereka (penambang)  sudah lebih satu minggu melakukan aktifitas penambangan di sana (Sijunjung...red). 

“Saya masih mempertimbangkan apakah akan ekspansi atau tidak, sebab cadangan (deposit) emas di Kabupaten Solok Selatan masih menjanjikan, yang membedakan cuma kwalitas, harga jual emas Sijunjung jauh lebih baik”, ujarnya.anharuddin, juga membandingkan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM). Lansiran tidak sulit jika dibandingkan dengan Kabupaten Solok Selatan. 

Lokasi sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Sijunjung berada dipusat keramaian, termasuk lokasi tambang.

“Informasi yang saya terima, sebelum ekspansi pastikan lokasi dulu, karena lokasi tambang umumnya berada di lahan produktif pertanian dan sungai, demikian juga deposit sebagai koordinasi dibayar didepan”, ujarnya.

Sejauh ini belum diperoleh konfirmasi dari otoritas terkait tambang emas di Kabupaten Sijunjung.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir sudah dihubungi untuk sebuah konfirmasi secara patut, baik melalui Cat What App dan hubungan jarak jauh namun belum berbalas.(asroel bb).