arrow_upward

Meriah Safari Ramadhan Kampuang Panjang/Salo Diirigi Buka Bersama

Selasa, 19 Maret 2024 : Maret 19, 2024

          Salo/Agam,merapinews.com  ---

Menghadapi peralihan iklim selama bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah tahun 2024. Masyarakat diminta waspada terhadap bahaya kebakaran.

Peringatan itu disampaikan ketua Tim I Safari Ramadhan Kecamatan Baso Serma Hendrizal, dihadapan jamaah Tarwih Mushola Nurul Ikhlas Kampuang Panjang, Jorong Kuruak, Nagari Salo, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam. Selasa 18/3.

“Pastikan api kompor di dapur sudah padam, termasuk perangkat lain yang dapat mengundang bahaya kebakaran sebelum meninggalkan rumah”, katanya mengingatkan. 

Pada kesempatan yang sama Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komado Rayon Militer (Koramil) 03, Kodim 03034/Agam Serma Hendrizal, juga mengingatkan kaum Remaja agar melengkapi semua ketentuan dan peraturan berlalu lintas saat berkendaraan.

Kehadiran tim I Safari Ramadhan Kecamatan Baso di Mushola Nurul Ikhlas itu berkolaborasi dengan dengan Tim Safari Ramadhan Nagari Salo yang dipimpin Wali Nagari Salo Ali Amran, dengan penceramah Al Ustaz Ismail Roma dari KUA Baso, dan sejumlah perangkat Nagari Salo lainya. Juga terlihat hadir Babimkamtibmas Salo Brigadir Septian dan petugas Puskesmas Baso lainya.

Dalam ceramahnya Al Ustaz Ismail Roma, menghingatkan jamaah akan arti hubungan sesama dan hubungan dengan Tuhan (Hablum Minanas, Hablum Minallah).

Sebelum pelaksanaan Safari Ramadhan, lebih 60 orang warga Kampuang Panjang, tumplek di Mushola Nurul Ikhlas. Mereka melaksanakan buka bersama.

Kegiatan buka bareng itu, kata guru mangaji al ustaz M. Zulhadi Katik Marajo, tidak dilarang. Agama tidak melarang kegiatan buka barteng itu, siapapun boleh melakukan. 

“Saya melihat dalam pelaksanaan buka bareng, hubungan sesama sangat kental. Khusus bagi kaum ibu dan remaja putri, masing-masing mereka tahu akan tugas dan kewajiban. Ibu-Ibu menyiapkan makanan, remaja putri bersih-bersih dan mencuci piring usai berbuka dan Mushola kembali bersih”, papar al Ustaz Zulhadi.

Menjawab pertanyaan al Ustaz Zulhadi, berharap tradisi buka bareng di Bulan Ramadhan bagi warga Kampuang Panjang tetap dipertahankan, kalau perlu lebih ditingkatkan.(asroel bb).