arrow_upward

Dafrul Pasi : Pendanaan Musrenbang Harus Jelas

Rabu, 07 Februari 2024 : Februari 07, 2024

        Payakumbuh,merapinews.com  --- 

Asisten I Pemko Payakumbuh Dafrul Pasi menegaskan, penyusunan rencana pembangunan daerah harus mengacu pada isu nasional dan propinsi. 

Sumber pendanaanya harus jelas, sehingga target perencanaan dan penyusunnya bisa tercapai.

Dafrul, menegaskan hal itu saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Payakumbuh Timur, di Aula SKB Dinas Pendidikan,Rabu, (7/2/2024). 

Dalam pembahasannya harus jeli mencari dan menyesuaikan dengan isu-isu strategis yang menjadi program nasional sebagai sumber pendanaan. Seperti program pendidikan, kesehatan, perekonomian.

 "Disamping program bersandar pada APBD, kita juga harus menggandeng stakeholder lainnya karena keterbatasan kemampuan APBD,” imbuhnya lagi.

Menurutnya, aspek penting dalam Musrenbang Kecamatan adalah menentukan skala prioritas program pembangunan.

Camat Payakumbuh Timur Hepi, mengatakan, Musrembang tahun ini berbeda dengan Musrembang tahun- tahun sebelumnya karena terintegrasi dengan rembuk stunting.

“Karena hal itu, tema Musrembang kali ini adalah Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui SDM yang Berkualitas dan Berdaya Saing, ” paparnya.

Ia menambahkan, dengan terintegrasi nya Musrenbang dengan rembuk stunting bisa melahirkan program pembangun prioritas secara bersama dalam menuntaskan persoalan stunting dengan program perekonomian dan pendidikan.(asroel bb/rel)