arrow_upward

Bupati Haji Safaruddin Pimpin Apel Akbar 1 Muharram 1446 H

Senin, 08 Juli 2024 : Juli 08, 2024

 Limapuluh Kota,merapinews.com  ---
 Ribuan santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) se-Kabupaten Lima Puluh Kota, banjiri lapangan Kantor Bupati, Minggu pagi, (07/07/2024) mengikuti Apel Akbar peringatan tahun baru 1 Muharram 1446 Hijriyah. 

H.Safaruddin Dt Bandaro Rajo Bupati Lima Puluh Kota bertindak sebagai pembina apel. Sementara Muhammad Aska Al-Rasyid, bertindak sebagai komandan Apel, berasal dari MDTA Al-Ma'arif Purwajaya, Nagari Sarilamak, yang bercita-cita jadi Presiden RI.

Hadir pada kesemoatan tersebut Kepala Kantor Kemenag Lima Puluh Kota Irwan, Plt. Asisten I Eki Hari Purnama, Pimpinan OPD, Kepala KUA Se-Kabupaten Lima Puluh Kota, Pimpinan Ormas serta tamu undangan lainnya. 


Pada kesempatan yang sama, Haji Safaruddin mengukuhkan pengurus Lembaga Didikan Subuh (LDS) sekaligus menyerahkan kartu BPJS secara simbolis  bagi 3.284 bagi Guru TPQ, Guru MDTA, Guru Surau dan Garin/Imam Masjid se Lima Puluh Kota.

Ia  mengapresiasi dan sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih pada stakeholder yang bahu membahu suksesnya pelaksanaan kegiatan apel 1 Muharram 1446 H, sehingga memberi makna yang dalam. Tidak hanya seremonial, juga upaya penguatan nilai dan makna Hijriah.

Terkait dengan program Satu Jorong Satu MDTA. Bupati Lima Puluh Kota menjelaskan, "Pemerintah Daerah yang ia pimpin bersama Kementerian Agama memiliki komitmen yang kuat dalam meningkatkan kualitas generasi muda yang berakhlak mulia, salah satunya melalui program Satu Jorong Satu MDTA. Kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah saya minta untuk pro aktif, bahu membahu untuk suksesnya program tersebut." harap Bupati.

Bupati mengingatkan bahwa subtansi peringatan 1 Muharram adalah kemampuan kita untuk hijrah secara holistik, menjadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin, serta memastikan hari depan harus lebih baik dari hari ini. "Saya yakin santri MDTA merupakan pribadi-pribadi agung yang dipersiapkan menjadi generasi Emas Indonesia 2045.” harap Bupati

Kakan Kemenag Lima Puluh Kota Haji Irwan, menyampaikan, "Kegiatan apel Akbar 1 Muharram 1446 H merupakan momentum bagi kita semua untuk melakukan introspeksi sekaligus proyeksi penguatan program keagamaan kedepan. Atas nama pribadi dan pimpinan lembaga juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah membersamai seluruh program ke-agamaan guna terwujudnya Lima Puluh Kota Madani.”jelas H.Irwan.

Terkait dengan program Satu Jorong Satu MDTA Kakan Kemenag memastikan pihaknya akan berada digarda terdepan demi terwujudkan program tersebut.

Kepada kepala KUA dan penyuluh Agama saya tegaskan agar menjadi lokomotif utama ditengah-tengah masyarakat demi suksesnya program strategis yang dilaunching hari ini,”tegas Kakan kemenag. (mfs/asroel bb).