arrow_upward

Nagari Simpang Sugiran 15 Besar Nasional Nugraha Desa Brilian 2024.

Jumat, 05 Juli 2024 : Juli 05, 2024

    Limapuluh Kota,merapinews.com -- 

Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo bangga atas prestasi yang ditorehkan Nagari Simpang Sugiran. Satu dari dua Nagari/desa di Sumatera Barat yang melaju meraih penghargaan Nugraha Karya Desa Brilian besutan BUMN Bank BRI.

Nagari itu berhasil melaju 15 besar dari 473 desa yang mengikuti penilaian secara nasional. 

"Selamat dan sukses pemerintah Nagari Simpang Sugiran", ujar Bupati.

Apresiasi itu diberikan Haji Safaruddin, saat menghadiri Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Nagari di bekas SD Negeri 01 Kamis, (04/07/2024). 

Desa BRILiaN merupakan program pemberdayaan desa, tujuannya menghasilkan role model dalam pengembangan desa. 

Program itu  diinisiasi BRI sebagai bentuk agent of development dalam mengembangkan Desa. 

Sampai akhir tahun 2024 terdapat 3000an Desa telah mendapatkan pemberdayaan Desa BRILiaN. 

Kata Haji Safaruddin, Penghargaan yang diperoleh Nagari Simpang Suhiran, merupakan nagari kedua setelah Nagari Sitapa Kecamatan Luak. 

Diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi 77 nagari lainnya di Limapuluh Kota untuk terus berkembang melalui program pembangunan yang berkelanjutan. 

"Saya melihat roda pemerintahan nagari Simpang Sugiran sangat dinamis, efektif, dan efisien. Di sarankan Wali Nagari lain belajar ke kedua nagari itu," ajak Bupati Haji Safaruddin.

Selain itu, Bupati menyampaikan, Nagari- nagari di Limapuluh Kota memiliki potensi yang beragam, dengan dana desa dan dukungan Pemerintah, ia berharap prestasi yang diraih Nagari Simpang Sugiran dapat memicu Wali Nagari lainnya untuk berinovasi

 "Say berharap Simpang Sugiran mampu mengikuti jejak Nagari Sitapa, tahun lalu Sutapa meraih peringkat 4 nasional, bahkan bisa melebihi prestasi Nagari Sitapa. Pemkab siap dukung penuh untuk mewujudkan hal itu," jani Haji Safaruddin.

Sementara itu, Wali Nagari Simpang Sugiran Malkisran bersyukur atas pencapaian Nagari Simpang Sugiran. 

"Terima kasih kepada elemen masyarakat atas support dan bimbingan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dan BRI. Ini sebagai bukti kinerja bersama seluruh pihak melalui inovasi yang melahirkan unit usaha Bumnag Zigiran Mandiri, dan memberikan dampak ekonomi masif serta digitalisasi desa melalui Open SID," ujar Malkisran.

Ia berharap prestasi yang diraih dapat memberikan motivasi dan semangat baru dalam meraih pencapaian berikutnya, tentu saja bermuara pada kemaslahatan dan perekonomian masyarakat.(asroel bb/mfs).