Pemilu Tinggal 20 Hari Lagi, Jika Diberi Amanah Jadi Wakil Rakyat di DPR RI, Ini Janji Irfendi Arbi

Senin, 29 Januari 2024 : Januari 29, 2024


merapinews.com - Pemilihan Umum serentak tahun 2024, adalah jalan untuk menentukan nasib bangsa untuk 5 tahun ke depan. Tepat pada tanggal 14 Febuari 2024, pasangan calon Presiden dan Wakil Presinden, calon anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota akan dipilih secara langsung oleh rakyat.

Di Provinsi Sumatera Barat para tokoh masyarakat, ninik mamak, bundo kanduang, para ulama, kaum intelektual, akademisi dan para intelektual muda mengajak masyarakat setempat untuk mensukseskan Pemilu dan menetapkan pilihan kepada pasangan Capres dan Cawapres Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) sebagai calon pemimpin paling pantas dan layak dipilih memimpin republik tercinta ini untuk masa 5 tahun ke depan.



Demikian pula halnya untuk calon anggota DPR RI, khususnya Daerah Pemilihan Sumbar 2. Salah satu calon anggota DPR RI yang dinilai pantas diberi amanah adalah mantan Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Ir. H. Irfendi Arbi,MP nomor urut 5 Partai NasDem.

Pasalnya, selama diberi amanah menjadi Bupati, Irfendi Arbi berhasil membangun daerah penghasil gambir itu dengan baik, termasuk pembangunan bidang ekonomi, bidang pendidikan, kesehatan, agama, seni dan budaya.


Bahkan, atas prestasi tersebut tidak sedikit penghargaan yang telah diberikan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk Pemda Kabupaten Limapuluh Kota di bawah kepemimpinan Irfendi Arbi.

Dalam catatan media ini, selama menjabat Bupati Kabupaten Limapuluh Kota periode 2026-2021, sedikitnya 153 penghargaan telah berhasil dikantongi Irfendi Arbi.

Dari ratusan penghargaan tersebut, 34 diantaranya merupakan penghargaan tingkat nasional. Sisanya, 119  lainnya merupakan penghargaan ditingkat Propinsi Sumatera Barat.

Terhitung dari tahun 2016 sampai tahun 2021, penghargaan terbanyak yang berhasil diperoleh Irfendi Arbi terjadi pada tahun 2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021.

Pada tahun 2019 penghargaan yang berhasil diperoleh Irfendi Arbi sebanyak 53 terdiri dari 14 Penghargaan Nasional dan 39 Penghargaan tingkat Propinsi Sumatera Barat.

Sementara pada tahun 2017, Irfendi Arbi berhasil mengantongi 35 penghargaan terdiri dari 5 Penghargaan Nasional dan 30 penghargaan tingkat Provinsi Sumatera Barat.


Sedangkan pada tahun 2018 Irfendi Arbi berhasil meraih sebanyak 31 penghargaan, terdiri dari 9 Penghargaan Nasional dan 22 penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Tahun 2016 Irfendi Arbi telah berhasil meraih sebanyak 21 penghargaan, terdiri 3 Penghargaan tingkat nasional dan 18 penghargaan tingkat Sumbar.

Pada tahun 2020 Irfendi Arbi berhasil meraih sebanyak 9 penghargaan, terdiri dari 2 Penghargaan Nasional dan 7 penghargaan Pemprov Sumbar. Terakhir dipenghujung jabatannya sebagai Bupati pada tahun 2021 Irfendi Arbi berhasil mendapatkan 2 penghargaan terdiri 1 Penghargaan Nasional dan 1 Penghargaan Tingkat Sumbar.

Satu hal yang membuat masyarakat Kabupaten Limapuluh Koa bangga 5 tahun masa kepemimpinan Irfendi Arbi adalah dia mampu mempertahankan Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) RI.

“Selama saya menjabat, soal tata kelola keuangan inilah yang paling saya wanti-wanti ke seluruh pegawai agar tertib. Hasilnya, WTP pun berhasil diraih, itupun tak terputus selama 5 tahun,” ungkap Irfendi Arbi mengenang era kepemimpinannya sebagai Bupati Kabupaten Limapuluh Kota.

Menurut Irfendi Arbi Penghargaan Tingkat Nasional yang pernah diraih dari 2016 sampai 2021 antara lain adalah Sekolah Adiwiyata Nasional (SMAN 1 Harau) dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Pustakawan Berprestasi dari Perpustakaan Nasional, WTP dari BPK RI.

Kemudian pada tahun 2017 kembali berhasil memperoleh Adiwiyata Nasional (SDN 03 Mungo) dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Capaian Sensus Terbaik dari Badan Pusat Statistik Nasional, Terbaik Transparasi Pengelolaan Keuangan Daerah dari UGM Yogyakarta, Capaian Tertinggi Penyajian Laporan Keuangan Daerah dari Kementerian Keuangan, dan WTP dari BPK RI.

Pada tahun 2018, Adiwiyata Nasional (SMPN 1 Luak) dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Inovation Governmant Award dari Kementerian Dalam Negeri, Rekor Muri Menghias Burger Randang Terbanyak oleh Penyandang Disabilitas, Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Presiden RI, Capaian Sensus Terbaik dari Badan Pusat Statistik Nasional, Kabupaten Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak, The Best Achiement Peduli Wisata Award dari Kemterian Pariwisata, The Most Populer dari Chair Man dan Founder International Human Resources Development Program, Best Leader Ship Award dari International Human Resources Development Program.


Sedangkan penghargaan tahun 2019, diantaranya Pembina Terbaik Kampung Iklam Utama (Jorong Padang Jopang, Nagari VII Koto Talago) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,  Inovation Governmant Award dari Kementerian Dalam Negeri, Enumerator Terbaik Kategori Pedagang dari Kementerian Pertanian, Jambore Pertanian Organik dari Kementerian Pertanian, Kelompok Usaha Bersama Terbaik Nasional (Sambala Talang Maur Mungka) dari Kementerian Sosial, dan Anugerah Dwija Praja Nugraha dari Kementerian Pendidikan.

Selanjutnya, masih penghargaan dari Kementerian Sosial, seperti Pekerja Sosial Masyarakat Teladan Nasional (Rabiatul Adawiyah Taram), Desa Berprestasi Nasional (Nagari Taram), WTP dari BPK RI,  Capaian Sensus Terbaik dari Badan Pusat Statistik Nasional, Manggal Karya Kencana (Ketua TP PKK 50 Kota) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana, Petani Berprestasi Nasional dari Kementerian Pertanian dan Swasta Saba Wistara dari Kementerian Dalam Negeri.

Pada tahun 2020, penghargaan yang diraih, yaitu Taat Pajak dari Direktorat Jenderal Pajak, Capaian Sensus Terbaik dari Badan Pusat Statistik Nasional, WTP dari BPK RI. Dan menjelang akhir jabatan Irfendi, Limapuluh Kota sukses memboyong penghargaan Kabupaten Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan HAM.

“ Prestasi terbaik untuk daerah itu, tentunya tidak terlepas dari perjuangan dan dukungan seluruh OPD dan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota yang bersatu membangun daerah ini ke arah lebih baik. Insyaallah, jika nanti pada Pileg 2024 saya diberi amanah menjadi wakil rakyat di DPR RI, perjuangan untuk membangun daerah dan masyarakat ini akan terus kita perjuangkan di tingkat Pemerintah Pusat,” ujar Irfendi Arbi memberikan janji.

Irfendi Arbi juga menyebut, jika nanti dia diberi kepercayaan menjadi anggota DPR RI, Visi-nya adalah menjadikan Sumatera Barat Adil, Aman dan Sejahtera.

“ Insyaallah, jika diberi amanah menjadi anggota DPR RI, Misi saya adalah Meningkatkan Sumber Daya Manusia, Meningkatkan Infrastruktur, Meningkatkan Pariwisata, Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan yang baik dan Meningkatan Ekonomi,” pungkas Irfendi Arbi. (ds)
Share this Article