arrow_upward

Duo Pengadilan Agama dan Kementerian Agama Tanda Tangani Naskah Kerjasama

Jumat, 02 Februari 2024 : Februari 02, 2024

      Limapuluh Kota,merapinews.com   -- 

Hubungan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota dengan Pengadilan Agama Tanjung Pati, Pengadilan Agama Payakumbuh dan Kemenag Limapuluh Kota terus bergulir. 

Hal itu ditandai dengan penandatangan Naskah Kerja Sama antara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bersama ketiga instansi vertikal di Aula PA Payakumbuh, Jum'at, (02/02/2024).  

Implementasi penandatanganan naskah kerja sama itu disaksikan Bupati Lima Puluh Kota Haji Safaruddin Dt.Bandaro Rajo.

Jalinan naskah kerjasama itu menyangkut  peningkatan pelayanan masyarakat pencari keadilan melalui sidang isbath nikah, sidang keliling, sidang perkara lainnya dan perubahan data secara terintegrasi dan digital. 

Adapun ruang lingkup kerja sama tersebut, diantaranya penerbitan dokumen kependudukan akibat perceraian, pernikahan, dan asal usul anak, selanjutnya penerbitan dokumen kependudukan akibat pembatalan perkawinan maupun penerbitan buku nikah akibat putusan/penetapan pengesahan perkawinan.

Kerja sama dengan duo Pengadilan Agama dan Kementerian Agama, kata Bupati Safaruddin, merupakan tindak lanjut dari implementasi Kelok Sambilan (Kepastian Hukum Lah Oke, Siap Ambil Data Kependudukan) guna memudahkan pelayanan masyarakat.

Kerja sama itu sebagai upaya percepatan pencapaian misi daerah terutama misi meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui reformasi publik seutuhnya. 

Bupati Safaruddin,  berharap melalui kerjasama itu akan memberikan kepastian hukum bagi 5000 lebih pasangan suami istri yang masih belum memiliki dokumen pernikahan di Kabupaten Limapuluh Kota.

"Dampaknya tentu akan berpengaruh terhadap dokumen Kependudukan lainnya jika tidak ditindak lanjuti sehingga hak warga negara dalam memperoleh dokumen kependudukan baik KK, KTP bahkan Akte Kematian juga akan ikut terdampak," kata Bupati Safaruddin. 

H.Irwan Kakan Kemenag Lima Puluh Kota, mengaresiasi sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih pada Pemerintah Daerah melalui Dinas Dukcapil dan duo Pengadilan Agama yang secara bersama-sama mengonsep untuk terlaksananya kegiatan ini. 

Secara khusus, kata Irwan ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Lima Puluh Kota yang selalu memberikan dukungan terbaik bagi terwujudnya layanan keagamaan yang berkualitas di daerah yang kita cintai ini.

 “Kementerian Agama memiliki komitmen yang kuat untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan layanan publik yang prima bagi umat,” kata Irwan.

Hadir dalam penandatanganan Kepala Pengadilan Agama Payakumbuh Nurhema, Kepala Pengadilan Agama Tanjung Pati Rika Hidayati, Kepala Kantor Kemenag Limapuluh Kota Irwan, dan Plt.Kepala Disdukcapil Erinaldi.(msf/asroel bb)