Ini Kata Jasman Soal Pembangunan Kota Payakumbuh.

Kamis, 01 Februari 2024 : Februari 01, 2024

        Payakumbuh,merapinews.com  --

Keberhasilan pembangunan merupakan tanggung jawab kita bersama baik antara pemerintahan, dunia usaha dan seluruh unsur elemen masyarakat.

Pengakuan itu disampaikan Pj. Wali Kota Payakumbuh Jasman, saat ia membuka Forum Konsultasi Publik (FKP) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025.

FKP yang digelar di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).  Kamis (01/02/2024) itu, juga dihadiri ketua LKAAM Kota Payakumbuh YB. Dt. Parmato Alam, Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan sejumlah organisasi kemasyarakatan.

“Saya ucapkan terima kasih pada peserta yang hadir. Ini merupakan salah satu cerminan dari rasa kebersamaan dan partisipasi kita dalam merumuskan perencanaan pembangunan untuk kemajuan Kota Payakumbuh masa depan,” katanya.

Ia mengatakan, merumuskan FKP bukan hanya sekedar hadir, namun jauh dari pada itu, peserta harus memberikan saran dan masukan sehingga apa yang diharapkan dapat terwujud.

“Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 menegaskan, rancangan awal RKPD harus dibahas bersama dengan Kepala Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan,  dalam forum konsultasi publik. Dari masukan FKP itu nanti akan  di peroleh masukan saran dan penyempurnaan,” ujarnya.

Dikatakan Jasman, dokumen perencanaan pembangunan daerah tahun 2025 merupakan salah satu rangkaian dari Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2023-2026 yang telah ditetapkan melalui Peraturan Walikota Payakumbuh Nomor 3 Tahun 2022 tanggal 14 Maret 2022.

“Tahun 2025 juga merupakan tahun ketiga pelaksanaan RPD masa jabatan Penjabat Kepala Daerah Kota Payakumbuh,” paparnya.

Ia mengatakan bahwa Kota Payakumbuh merupakan daerah pertama di Provinsi Sumbar yang melaksanakan FKP RKPD Tahun 2025.

Dia berharap hasil dari FKP RKPD tahun 2025 harus juga afa isu memikirkan strategis untuk beberapa tahun ke depan, sehingga rumusan hari ini dapat berkesinambungan.

“Permasalahan stunting, kemiskinan, teknologi, pertanian dan lainnya harus diperhitungkan bersama untuk beberapa tahun ke depan. Kita juga harus memikirkan anak cucu" ujarnya.

Sementara Yasril, Kepala Bappeda Kota Payakumbuh, mengatakan bahwa FKP yang dilaksanakan hari ini untuk menyempurnakan Ranwal RKPD sehingga seluruh isu strategis dapat terakomodir..

“ Menyikapi hal tersebut tentu kita mengacu kepada RPJMD Provinsi Sumatera Barat 2021-2026, dengan rujukan RPJPN 2025-2045 dan RPJMN 2025-2029,” papar Yasril.(bsk/asroel bb)
Share this Article