arrow_upward

Bupati Monitoring Ketersediaan Bahan Kebutuhan Pokok Di Limapuluh Kota.

Rabu, 27 Maret 2024 : Maret 27, 2024

        Limapuluh Kota,merapinews.com  ---

Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota bersama unsur Forkopimda, Kepala BPS Limapuluh Kota Yudi Yos Elvin dan Kepala Perangkat Daerah  monitoring harga kebutuhan pokok jelang Lebaran Idul Fitri 1445 H. di Pusat Grosir Naya dan Naira, Rabu (27/03/2024).

Selain pemantauan dilokasi Bupati Haji Safaruddin, bersama rombongan berdialog dengan distributor tentang ketersediaan bahan pokok maupun fluktuasi harga.

Sampai Rabu 27 Maret 2024, fluktuasi harga minyak goreng berada pada angka Rp.17.000,-, Gula mencapai Rp.18.000. Sementara tepung Segitiga Biru Rp.18.000,- dan tepung Rosebrand senilai Rp.8.000. 

Sementara data dari Dinas Pangan, per 27 Maret, harga beras berada dikisaran Rp.16.500/kg.

Bupati Haji Safarudddin mengakui, harga bahan pokok di Kabupaten Limapuluh Kota cenderung meningkat. Ada kenaikan namun masih dalam kategori beberapa jenis komoditi. 

"Harga bahan pokok relatif meningkat. Tadi kita tanya distributor, ada kenaikan harga di seluruh bahan pokok," kata Bupati Haji Safaruddin.

"Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota bersama Forkopimda akan terus memonitor fluktuasi harga pasar, guna menekan tingkat inflasi sepanjang bulan Ramadhan", ujar Bupati.

 "Pemkab Limapuluh Kota intens (aktif) melakukan monitoring. Sebab, jika terjadi  kelangkaan, berdampak pada kenaikan harga. Kita berkomitmen dengan dinas terkait selalu monitoring, untuk menjaga stabilitas harga pangan, dan Alhamdulillah sampai saat ini, stok di pasaran cukup tersedia," ujarnya.

Bupati Safaruddin juga mengatakan, pemerintah daerah akan melaksanakan "Pemkab akan Gelar Pangan Murah di sejumlah titik dalam upaya mengendalikan sejumlah bahan pokok termasuk menjaga daya beli masyarakat. 

Sementara itu, Distributor Toko Grosir Naya, Harianas mengapresiasi kehadiran Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota ke gudang miliknya yang ada di depan SPBU Tanjung Pati. 

Ia mengatakan saat ini di Limapuluh Kota terjadi peningkatan permintaan sebesar 10%. Begitupun dengan ketersediaan bahan pangan hingga lebaran nanti menurut Harianas cukup.(mfs/asroel bb)