arrow_upward

TSR Bupati Limapuluh Kota: Pemerintahan Haji Safaruddin Tidak Alergi Di Kritisi

Kamis, 21 Maret 2024 : Maret 21, 2024

      Limapuluh Kota,Merapinews.com   --

Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, memastikan 3.400 orang guru agama sepanjang tahun 2024 akan mendapat Jaminan Keselamatan Kerja dari BPJS, sekaligus di asuransikan. 

Iuran pertanggungan dua program itu ditanggung Pemerintah.

Peluncuran dua program keselamatan kerja bagi guru agama itu, merupakan bentuk kepedulian pemerintahan yang dipimpinnya terhadap para pendidik agama, sesuai dengan visi dan misi daerah. 

“Dalam tugas mereka (Guru Ngaji .. red) rentan dengan kesehatan dan kecelakaan kerja. Kita tidak membiarkan mereka tergeletak dalam kesulitan saat bertugas menyiarkan (mendidik) agama pada anak-anak”, ujar Bupati.

Bupati Haji Safaruddin, menyatakan hal itu saat Tim I Safari Ramdhan (T1 SR) yang dipimpinnya mengunjungi Masjid Raya Jorong Ambancang Kunyik, Nagari Pauah Siangik, Kecamatan Akabiluru, Kamis 21/3-2024.


Dalam kunjungan SR itu, tidak terlihat adanya ruang penyekat antara Bupati dengan masyarakat. Masyarakat dapat menyampaikan uneg-uneg, sekaligus mengkritisi jalanya roda pemerintahan. 

Kunjungan TSR itu sendiri bagi Bupati yang menghadirkan seluruh Kepala Dinas, merupakan sebuah bentuk pertanggung jawaban roda pemerintahan ia pimpin pada masyarakat.

“Saat ini hadir seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OOD). Masyarakat dapat menyampaikan semua persoalan pemerintahan, termasuk dampak serangan hama wereng”, ujar Bupati.

Itu sebabnya Walinagari Pauah Siangik Erison Dt. Rajo Gikoto, angkat bicara. 

“Pak Bupati, kami anak nagari Pauah Siangik, tidak pernah mendapat kompensasi air bersih dari PDAM. Meski sumber air PDAM berasal dari Nagari Koto Tinggi, tapi bentangan pipa PDAM itu membujur di nagari kami. Termasuk kondisi infrastruktur jalan ruas Suayan -Siamang”, papar Erison dihadapan Kepala Bapelitbang Gusdian Laora, Kepala Badang Keuangan Haji Win Hari Endi, Kepala Dinas Pendidikan diwakili Wandi Putra, Kepala Dinas Kesehatan Yukia Masna, Kepala Dinas PUPR Nopryanda Syukri, Kepala Dinas Tanam Pangan, Holtikultura Witra, Kakandepag Zuliarta, Kabag Umum Irwandi, Kabag Protokol Andri Yasmera, Dirut PDAM Novrizein, Ketua Baznas Yulius, Ketua MUI Asraf Chan, Analis Kebijakan Muda dan Kesra Fermadi Putra.


Juga terlihat Camat Akabiluru, Wali Nagari Pauah Siangik Erison Dt. Rajo Gikoto, Dan Ramil 08 Kodim 0306/50 Kota Kapt Inf Parmadi, Kapolsek Akabiluru dan pejabat utama Polres 50 Kota, disamping sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh adat lainya.

Merespon aspirasi masyarakat. Bupati Haji Safaruddin menjanjikan segera menindak lanjuti. Demikian juga halnya dengan infrastruktur jalan.

“Rekontruksi ruas jalan itu, diharapkan tahun ini dapat direalisasikan. Bisa jadi sumber pendanaan dari Inpres (Instruksi Presiden)”, ujar Bupati. 

Mengusung Visi dan Misi pemerintahan yang dipimpinnya. Bupati memanggil sejumlah anak-anak untuk melafaskan ayat-ayat suci Alqur’an. 

Setelah sebelumnya ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Limapuluh Kota Hasrat Cahaya memberikan tausiah agama.

Pada kesempatan yang sama Tim Satu Safari Ramadhan yang dipimpin Bupati Haji Safaruddin, menyrahkan bantuan pembangunan Masjid sejumlah Rp. 20 juta dan diterima pengurus masjid.(asroel bb).