arrow_upward

Bupati Agam Andri Warman Akan Hadiri Helat Khatam Alquran Nagari Salo.

Kamis, 04 April 2024 : April 04, 2024

          Salo/Baso,merapinews.com  ---

Panitia Khatam Alquran Nagari Salo, kecamatan Baso, Kabupaten Agam, terus bergerak cepat menyelesaikan persiapan alek tradisi tahunan yang akan dilaksanakan di Mushola Al Ikhlas Jorong Kampuang Panjang. Sabtu 13 April 2024.

Peserta alek Khatam Alquran itu sendiri di ikuti peserta anak nagari dan anak nagari  perantauan.

Bupati Kabupaten Agam Andri Warman, dipastikan hadir pada perayaan Khatam Alquran di Nagari Salo, termasuk melepas peserta arak-arakan (pawai).

"Saya akan hadir pada hari perayaan Khatam Alquran anak Nagari Salo di Kampuang Panjang itu", ujar Bupati Andri Warman, menjawab pertanyaan usai ia menjamu buka puasa bersama warga luhak Agam Timur dan wartawan Agam di rumah dinas Belakang Balok, Bukittinggi. Rabu 3/4-2024.


Dalam kesempatan buka bareng itu, Andri Warman, tidak lupa mengingatkan warga atas jasa-jasa pendahulunya membangun Kabupaten Agam.

Setidaknya, baik mantan Bupati Aristo Munandar, maupun Indra Catri dipercaya masyarakat memimpin Kabupaten Agam, dua periode. 

"Saya akan melengkapi apa yang pernah dilakukan para pendahulu. Dan saya akan kembali berkompetisi pada Pilkada Kabupaten Agam November 2024", ujarnya mengingatkan.

Sementara, Bendahara panitia Khatam Alquran Azura (Zura), mengatakan 22 orang anak dipastikan akan unjuk kebolehan melantunkan ayat-ayat suci Alquran di Mushola Al Ikhlas Kampuang Panjang. Sabtu 13 April itu.

Namun baru 21 anak yang sudah dipastikan akan ambil bagian. Sementara Panitia masih membuka kesempatan anak-anak lainya, termasuk anak-anak dari perantauan untuk menamatkan kaji melalui Khatam Alquran di Mushola Al Ikhlas Kampuang Panjang

Menurut Azura, persiapan helat keagamaan itu sudah matang. Semua itu atas partisipasi dan bantuan berbagai pihak, termasuk bantuan dari para perantau.

Namun demikian kegalauan Azura terpancar dari wajahnya ketika ditanyakan Aqiqah. 

"Masih kurang satu anak lagi untuk melengkapi 7 peserta Aqiqah", ujarnya.

Dikatakan Azura, pelaksanaan Khatam Kaji itu direncanakan Minggu 14/4, tapi mengingat  para perantau pada Minggu itu sudah akan kembali ke perantauan, maka helat itu kita dipercepat satu hari, yaitu Sabtu 13/4-2024.

Sementara koordinator tim dekorasi Muhammad Riza Alzari, mengakui persiapan di lapangan tidak ada masalah. Semua elemen rang mudo (muda-mudi) Kampuang Panjang saling bahu membahu menyelesaikan dekorasi, katanya.

"Insya allah sejauh ini belum ada kendala yang membatasi ruang gerak kami untuk mempercantik arena", ujarnya.(asroel bb)