arrow_upward

Erman Safar: Berkekuatan 217 Personil Produksi Sampah Kota Bukittinggi Terurai

Rabu, 24 April 2024 : April 24, 2024

        Bukittinggi,merapinews.com  ---

Walikota Bukittinggi Haji Erman Safar SH, mengapresiasi kinerja petugas kebersihan Kota Bukittinggi, yang telah bekerja keras menjaga kebersihan kota.

Pembersihan sampah-sampah di Bukittinggi, tidak hanya dilakukan di pusat keramaian, mereka juga mengurai sampah-sampah yang bertebaran dilingkungan hunian perumahan.

Menurut Erman Safar, selama musim libur lebaran 1445 Hijriah dari tanggal `14 s/d 21 April 2024. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Bukittinggi, mencatat 1.722 Ton produksi sampah Kota Bukittinggi telah terurai. Jumlah itu setara dengan 283 truk.


“Petugas kami bekerja siang malam”, timpal Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bukittinggi Aldiasnur, menjawab pertanyaan melalui pembicaraan jarak jauh. Kamis 25/4-2024.

Menurutnya, ia juga harus turun bersama petugas kebersihan guna memotivasi mengemas sampah yang bertebaran, meski diguyur hujan kami tetap melaksanakan tugas mereka.
 
Menurutnya, sebelum sampah-sampah itu dikirim ke Tempat Pembuangan Aklhir (TPA) Air Dingin Kota Padang. Produksi sampah itu terlebih dikumpulkan lebih dahulu diatas lahan seluas 150 M2, di Depo Talao, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan dengan kekuatan 12 unit mobil Pic Up L. 300 dan 40 Unit Betor.

Barulah kemudian dengan 23 unit truk. Sampah-sampah itu dikirim ke TPA Kota Padang. 

Pada kesempatan yang sama. Aldiasnur berharap akan adanya lokasi TPA sampah yang menampung produksi sampah Kota Bukittinggi secara permanen. Sehingga pihaknya tidak harus lagi mengekport sampah kedaerah lain. 

“Ya... kita berharap akan  ada lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang pemanen milik Pemko Bukittinggi”, harap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi Drs. Aldiasnur.(asroel bb).