arrow_upward

Gubernur Sumbar Lantik Ir. Suprayitno, MA Pj. Walikota Payakumbu

Senin, 27 Mei 2024 : Mei 27, 2024
             Padang,merapinews.com  ---
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah  berharap Pj. Wali Kota Payakumbuh yang baru saja dilantik dapat menjalankan amanah dengan penuh tanggungjawab.

Harapan itu disampaikan Mahyeldi, saat melantik Ir. Suprayitno, MA sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, menggantikan Jasman.

"Selamat pada Ir. Suprayitno, MA. Kita berharap anda dapat melaksanakan amanah yang telah diterima sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggungjawab," pesan Gubernur di Auditorium Gubernuran, Senin (27/05/2024) 

Buya Mahyeldi mengatakan, sesuai dengan ketentuan Pasal 14 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2023, Menteri Dalam Negeri telah mengangkat Suprayitno, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah II Kementerian Dalam Negeri, sebagai Pj. Wali Kota Payakumbuh.


"Pada hari ini, telah dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Saudara Suprayitno sebagai Pj. Wali Kota Payakumbuh dengan masa jabatan paling lama 1 (satu) tahun terhitung sejak tanggal pelantikan," ucap Gubernur.

Ia menjelaskan, tugas dan tanggung jawab Pj. Wali Kota, walaupun sementara tentu bukanlah hal yang mudah. Kepadanya ditumpangkan tanggung jawab untuk menjamin berjalannya roda pemerintahan Kota Payakumbuh.

 Pj. Wali Kota merupakan seorang kepala daerah otonom yang tugas dan kewenangannya telah diatur di dalam Peraturan Perundang-Undangan.
Kepadanya diberikan tugas untuk menyelenggarakan pemerintahan daerah sebagaimana Kepala Daerah Definitif.

"Untuk saat ini Pj. Wako juga diberi tugas untuk memfasilitasi dan menjaga kondusifitas pelaksanaan Pemilihan Serentak Nasional Tahun 2024 serta menjaga netralitas ASN," terangnya.


Dengan beban tanggung jawab tersebut, dikatakan Mahyeldi, Pj. Wali Kota yang ditunjuk merupakan orang yang berpengalaman luas, memiliki jiwa kepemimpinan, kredibilitas, kemampuan berkoordinasi dengan instansi pemerintahan lainnya, serta didukung dengan pengetahuan mengenai pemerintahan.

"Saya yakin dan percaya, Saudara Suprayitno dapat melaksanakan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya, sehingga akan mempercepat pembangunan Kota Payakumbuh," pesanya.

 Buya juga memberikan apresiasi kepada Jasman yang telah melaksanakan Tugas dan Wewenang sebagai Pj. Wali Kota Payakumbuh. Yang secara agregat juga menyumbang bagi kemajuan Provinsi Sumatera Barat secara keseluruhan.

"Untuk itu, izinkan Kami atas nama Pemerintah dan masyarakat Sumatera Barat, mengucapkan selamat mengakhiri masa tugas sebagai Pj. Wali Kota Payakumbuh kepada Saudara Jasman," ujarnya. 

"Terimakasih, doa Kami, semoga Saudara Jasman terus memberikan kontribusi positif bagi daerah dan masyarakat yang kita cintai. Kepada Saudara Suprayitno kami berharap akan bisa melanjutkan apa-apa yang telah dicapai dan dirintis oleh pemimpin terdahulu," pesanya.

Hadir dalam pelantikkan tersebut, Bupati/Wali Kota se-Sumbar, Forkopimda Kota Payakumbuh, Sekda Kota Payakumbuh, Asisten, Kepala OPD, Kepala BPS Kota Payakumbuh, Kepala Bank Nagari Payakumbuh, Ketua KPU Kota Payakumbuh serta tamu undangan lainnya.(asroel bb/rel)