arrow_upward

Lima Muatan Lokal Akan Diterapkan Pada Pelajar SD/SMP Di Bukittinggi.

Rabu, 29 Mei 2024 : Mei 29, 2024

         

        Bukittinggi,merapinews.com  ---

Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi sepanjang tahun 2023/2024, kembali terapkan Lima muatan lokal pada siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kota Bukittinggi.

Lima materi muatan lokal itu ABSSBK, BAM, Aqidah Akhlak, Fiqih, Bahasa Arab dan sejarah Islam.

Walikota Bukittinggi Erman Safar, mengingatkan hal itu melalui pesan singkat yang diterima Kamis 30/5-2024.

Menurutnya, untuk memberikan materi muatan lokal khusus Budaya Adat Minangkabau (BAM), pihaknya akan berkolaborasi dengan Niniak Mamak, Tokoh Adat dan Bundo Kanduang. 

Melalui tungku tigo sajarangan itu kita berharap para pelajar diberi materi tentang adat budaya Minangkabau, seperti, Kato Nan Ampek, Sumbang Duo Baleh, dan Panitahan", ujar Walikota.

Pada kesempatan yang sama, kata Wali Kota pihaknya tengah mengupayakan agar setiap sekolah swasta di Bukittinggi juga menerapkan muatan lokal.

Dinas Pendidikan dan Budaya (Disdikbud) Bukittinggi, sedang upayakan itu, dengan mengurus data pokok pendidikan (dapodik) ke Kementrian. 

Menurut Walikota, penambahan lima muatan lokal itu, pada prinsipnya untuk membekali generasi muda dengan adat dan agama, sekaligus untuk melestarikan kearifan lokal, yang tentunya akan bermanfaat pada diri mereka menghadapi masa depan.(asroel bb/rel)