arrow_upward

Novil Anuverta Hadiri Sosialisasi Calon Perorangan KPU Bukittinggi

Sabtu, 04 Mei 2024 : Mei 04, 2024

        Bukittinggi,merapinews.com   ---

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi Satria Putra SH, mengingatkan calon perorangan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Nasional (PKDSN), mulai tanggal 5 dan 7 Mei 2024 sudah harus mempersiapkan semua persyaratan, sebab tahapan PKDN sudah harus dimulai Minggu, 5 Mei 2024.

Satria Utama SH, mengingingatkan hal itu saat melakukan sosialisasi perdaftaran bakal calon perorangan (Independen) Pemilihah Kepala Daerah Serentak Nasional di sebuah hotel di Bukittinggi. Sabtu 4 Mai 2024.

Untuk PKDS Kota Bukittinggi, Bakal calon harus dapat mengumpulkan 9.507 dukungan suara sah dari 90.507 jumlah penduduk Kota Bukittingi yang mempunyai hak pilih. 


“Jumlah dukungan 9.507 suara itu merupakan persyaratan 10% dari jumlah yang ter Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2024 lalu”, ujar Satria Putra SH.

Menurutnya,  Kota Bukittinggi memiliki 3 Kecamatan. Maka syarat suara minimal diperoleh dari dua sebaran Kecamatan, katanya dihadapan sejumlah wartawan.

Sosialisasi Pemilihan PKDSN dari jalur perorangan yang digelar KPU Bukitinggi selain dihadiri Kepala Dinas Kominfo Bukittinggi Suryadi, Kadis Capil Emil Akhir, turut mendamping Ketua KPU Bukittinggi, Komisioner Divisi Pengarah Safri Maswardi, Komisioner Divisi Hukum Riva Yanas, Komisioner Divisi Perencana Muhammad Utche Pradana dan Muhammad Fauzan Harsa. Juga hadir Calon Independen (Perorangan) Novil Anuverta.

Sesuai tahapan, KPU akan melakukan langkah verifikasi administrasi dan perbaikan syarat dukungan. Itu kami lakukan dari tanggal 18 s/d 20 Juli 2024.

Meski rangkaian penetapan cukup panjang, kami berharap semua persyaratan harus dilalui. Periksa kembali kartu identitas pendukung sebelum diserahkan agar tidak menimbulkan polemik politik yang merugikan calon itu sendiri.

“Saya masuk jalur perorangan pada Pilkada Nasional Serentak Nasional Bukittinggi merupakan pilihan”, timpal Novil Anuverta.

Menurutnya, ia siap bertarung memperebutkan kursi Wali Kota Bukittinggi periode 2024 – 2029.

 Semua persyaratan telah saya penuhi. Kini dukungan suara yang akan meloloskan di jalur perorangan itu sudah melebih kuota yang ditentukan KPU Kota Bukittinggi.

Menjawab pertanyaan, Novil enggan menyebut identitas pendampingnya. “Sudah-sudah!!. Saya sudah persiapkan semuanya termasuk pendamping saya pada Pilkada Nasional Serentak November 2024 mendatang.

 Namun ia enggan menyebut iden titas pendampingnya itu.(asroel bb)