arrow_upward

Pemko Payokumbuah Tetapkan Shalat Idul Adha Di Halaman Balai Kota

Sabtu, 18 Mei 2024 : Mei 18, 2024

         Payakumbuh,merapinews.com   —
Panitia Hari Besar Islam kota Payokumbuah menetapkan Shalat Idul Adha akan dipusatkan di Halaman Balai Kota. Senin 17 Juni 2024 mendatang,

Keputusan itu setelah melalui rapat Panitia Hari Besar Islam (PHBI) bersama Pemerintah Kota Payokumbuah dalam Rapat Persiapan Pelaksanaan Shalat Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M di Aula Randang Lt. 2 Balai Kota. Jumat (17/5/2024).

Rapat tersebut turut dihadiri Kakan Kemenag H. Joben bersama jajaran, Ketua PHBI Kota Payakumbuh Rudy Noviardi, serta pengurus PHBI Kota Payakumbuh lainnya.

Rudy Noviardi, mengungkapkan yang akan bertindak Khatib adalah Profesor Dr. Asasriwarni, MA guru besar UIN Imam Bonjol Padang, Imam H. Ihsan Nuzula, MA yang merupakan Qori terbaik Nasional tahun 2017.


"Untuk memastikan waktu pelaksanaan Shalat Hari Raya Idul Adha tahun1445 H/2024 M, tentu saja tetap menunggu hasil sidang isbat MUI dan penetapan dari Menteri Agama RI," ujar Rudy Noviardi.

Ia menyebut PHBI dan Pemko Payokumbuah juga berencana akan mengadakan acara Tabligh Akbar dalam rangka peringatan Tahun Baru Muharram 1446 H esok.

"Tabligh Akbar peringatan 1 Muharam 1446 H  akan diadakan pada 8 Juli 2024 di Lapangan GOR M Yamin, acara ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan musik religi dari kota Payakumbuh. Alhamdulillah acara tabligh akbar dalam rangka 1 Muharram ini didukung penuh oleh Pemko Payakumbuh," bebernya.

Dihubungi terpisah, Kabag Kesra Setda Kota Payakumbuh Efrizal juga menyampaikan bahwa acara tabligh akbar dalam rangka tahun baru Islam 1 Muharram 1446 H. Direncanakan akan dihadiri seluruh ASN kota Payokumbuah, ormas Islam, dan terbuka untuk seluruh masyarakat Kota.

Terkait pelaksanaan Shalat Idul Adha dan Tabligh Akbar, Efrizal berharap agara panitia dan semua pihak yang terlibat dapat mempersiapkan segala sesuatu dengan baik melalui kerjasama dan komunikasi yang bagus.

"Kemudian, kami mengimbau agar seluruh masyarakat dapat mengikuti acara ini dengan mengedepankan kebersamaan, keamanan, dan juga selalu menjaga ketertiban dan saling berkoordinasi dengan semua pihak," ujar Efrizal dengan optimis.

"Semoga pelaksanaan Shalat Idul Adha dan Tabligh Akbar ini dapat berjalan dengan lancar dan menjadi momentum untuk memperkuat tali silaturahmi dan persaudaraan kita dan segera mempersiapkan segalanya dengan baik" tutup Efrizal dengan penuh harap.(rel/asroel bb)