arrow_upward

Shalat Idul Adha 1445 H Pemkab Limapuluh Kota Di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Mahkota Berlian

Rabu, 12 Juni 2024 : Juni 12, 2024

     Limapuluh Kota,merapinews.com   ---

Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota,
merencanakan Shalat Idul Adha 1445 Hijriah di di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Mahkota Berlian Komplek Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Sarilamak, Senin 17/6-2024.

Keputusan itu diambil dalam rapat bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) yang dipimpin Ass II Eki Hari Purnama bersama Kementrian Agama Kabupaten Limapuluh Kota Irwan, Rabu 12/6-2024.

Hadir dalam rapat tersebut, Asisten Administrasi Umum A.Zuhdi Perama Putra, Kepala Kantor Kemenag Irwan, perwakilan MUI, Kepala Perangkat Daerah, Kabag Kesra Arlen, Kabag Prokompin Andri Yasmen, Kabag Umum Irwandi, dan Wali Nagari lingkup Kecamatan Harau. 

Asisten II Eki Hari Purnama menyampaikan,  pelaksanaan shalat Idul Adha sudah diatur dalam pasal 29 ayat 1 dan 2 UUD 1945 yakni Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa; dan Negara menjamin kemerdekaan penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing.

 “Shalat Idul Adha merupakan representasi dari upaya untuk memaknai wujud tertinggi dari ketakwaan yang dicontohkan Nabi Ibrahim As. 

Oleh sebab itu, pemerintah memfasilitasi pelaksanaan shalat Idul Adha 1445 H terpusat di RTH Mahkota Berlian Komplek Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Sarilamak” tutur Eki. 

 Asisten III Zuhdi Perama Putra meng apresiasi pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1445 H yang telah sukses berkat kontribusi Perangkat Daerah dan PHBI dalam mengakomodir masyarakat untuk pelaksanaan Shalat di RTH Mahkota Berlian pertama kali.

Ia berharap pelaksanaan Shalat Idul Adha pun dapat berjalan dengan lancar. Untuk itu perlu dilakukan persiapan yang matang dan  memastikan kebersihan dan kesucian tempat untuk meningkatkan kekhusyukan beribadah. 

Pada kesemoatan yang sama Kakan Kemenag Irwan, mengatakan pihaknya akan membantu penyaluran daging kurban jika ada nagari atau daerah yang tidak ada hewan kurban. Hal ini agar momen Idul Adha dapat benar - benar dirasakan oleh semua pihak.(ss/asroel bb).