arrow_upward

Tim Verifikasi iBangga Award Nasional Kunjungi Payakumbuh

Selasa, 11 Juni 2024 : Juni 11, 2024

        Payakumbuh,merapinews.com  ---
Tim verifikasi lapangan iBangga award tingkat nasional tahun 2024 kunjungi Kota Payakumbuh, setelah Kota itu masuk nominasi 5 besar Indeks Pembangunan Keluarga (iBangga).

Lima Kabupaten/Kota terbaik se Indonesia dalam Indeks Pembangunan Keluarga (iBangga) itu Sumatera Barat diwakili Kota Payakumbuh, Jawa Tengah Kabupaten Sukoharjo, Nusa Tenggara Barat Kabupaten Sumbawa Barat, Jambi Kota Jambi dan Jawa Timur diwakili Kota Madiun.

“Alhamdulillah, kita patut berbangga bisa masuk top five nasional. Ini bukti  pembangunan keluarga di Payakumbuh sangat berkualitas,” kata Pj. Wali Kota Payakumbuh Suprayitno.

Suprayitno menyatakan hal itu saat penilaian di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Selasa (11/06/2024).

Menurut Suprayitno, tren capaian iBangga Kota Payakumbuh dari tahun 2021 sampai 2023 yang mengalami kenaikan signifikan, yaitu dari 53,83 pada tahun 2021 dan 65,32 pada tahun 2023, pembangunan keluarga di Payakumbuh siap menuju 1 abad Indonesia.

“Kita tidak bisa memungkiri, bahwa Kota Payakumbuh siap dengan putra putri yang kuat untuk masa depan dan harapan bangsa menuju Indonesia emas 2045 mendatang,” papar Suprayitno.

Ia mengakui, kenaikan yang konsisten  tentunya tidak terlepas dari intervensi berbagai pihak yang senantiasa berupaya untuk meningkatkan ketentraman, kemandirian dan kebahagiaan masyarakat di Payakumbuh.

“Terimakasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah ikut mewujudkan keluarga yang tenteram, mandiri dan bahagia di Kota Randang. Semoga capaian yang telah diraih oleh Kota Payakumbuh, bisa menjadi terbaik Nasional,” harapnya.

Perwakilan BKKBN Sumbar Fatmawati mengatakan diantara 19 Kabupaten/Kota se Sumbar, indek pembangunan keluarga di Payakumbuh cukup menonjol, bahkan lebih tinggi dari Sumbar.

“Angka prevalensi iBangga Payakumbuh melebihi Prov. Sumbar, katanya. 

Kenaikan yang signifikan telah memposisikan Kota Payakumbuh berada di kualifikasi keluarga berkembang dan sedikit lagi menjadi keluarga tangguh,” harap Fatmawati.

“Mudah-mudahan Payakumbuh bisa mengharumkan Sumbar di kancah Nasional,”  harapnya

Sementara itu tim penilai Nasional yang dipimpin Eli Kusnaeli. Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama BKKBN bersama Hotman Irwandy Sihite Analis Kebijakan Ahli Madya Kesejahteraan Keluarga Kemenko Bidang PMK dan Triyandika Sukarlan dari Direktorat Ketahan Remaja BKKBN sangat terkesan dengan sambutan yang diberikan Pemko Payakumbuh.

“Kami sangat terkesan datang kesini, langsung disambut Wali Kota bersama Ketua DPRD nya, sambutan yang sangat luar biasa hangat sehingga rasa kebersamaan begitu terasa disini,” katanya.

“Semoga dengan penilaian ini, seluruh keluarga di Payakumbuh khususnya menjadi keluarga yang bahagia, tentram, mandiri dan berkulitas menuju Indonesia emas 2045,” pungkasnya.(rel/asroel bb)