arrow_upward

115 Anak Sunatan Massal Di Pool AWR.

Sabtu, 06 Juli 2024 : Juli 06, 2024

     Ampanggadang,merapinews.com   -
Lebih 115 orang anak-anak usia sekolah lakukan sunatan masal di Pool AWR Ampang Gadang, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam. Minggu 7 Juli 2024

Kegiatan sosial Sunatan (Khitanan) yang di sponsori putra Bupati Agam Irfan Andri, bekerja sama dengan Bukittinggi Medical Reacue dan Koarsa Funfation.

Irfan, menyatakan aktifitas sosial terhadap anak-anak usia sekolah itu sudah merupakan kegiatan rutin dilakukan sepanjang tahun. Januari dan April.


Kegiatan itu sendiri, katanya sebagai bentuk perhatian pihaknya terhadap kesejahteraan dan kesehatan anak se Kabupaten Agam

Irfan benar,  realita di lokasi dilaksanakan khitanan massal itu diikuti nyaris seluruh anak nagari se Agam Timur.

Tidak ketinggalan Wali Nagari Simarasok Muhammad Nur Zein, sampai meluangkan waktu mengunjungi lokasi khitanan masal itu.


"Saya datang untuk memastikan keikutan warga saya. Kendati yang hadir mengikutinya hanya beberapa orang. Namun saya bangga peserta yang ikut Khitanan datang dari berbagai penjuru Agam Timur.

Demikian juga halnya adanya aki-aki dari Nagari Koto Tuo, Kecamatan IV Koto, ia yang datang menemani sang cucu di Khitanan.

Dibuka secara resmi oleh Bupati Agam, melalui Kepala Dinas Kesehatan Hendri Rusdian.

Dihadapan para para orang tua Hendri Rusdian, mengungkapkan, ada dua keuntungan yang diperoleh dari sunatan. Selain merupakan identitas sebagai umat muslim, juga untuk kesehatan.

Namun Hendri, tidak lupa mengingatkan jika terjadi gejala yang akan menganggu kesehatan anak pasca Khitanan, segera lakukan pemeriksaan di Puskesmas-Puskesmas atau pembantu Puskesmas didaerah masing-masing.

"Kemungkinan adanya gejala yang menganggu pasca sunatan tidak tertutup kemungkinan", ujar Kadiskes mengingatkan.

"Jika itu terjadi pasien segera dibawa berobat ke Puskusmas", ujar Hendri.

Aksi sosial Khitanan masal keluarga AWR itu ditangani 8 orang Dokter.(asroel bb).