arrow_upward

Tokoh Adat - Bundo Kanduang Dampingi Syafni Sikumbang Mendaftar Di Partai Demokrat Limapuluh Kota.

Sabtu, 27 April 2024 : April 27, 2024

      Limapuluh Kota,merapinews.com   ---

Kendati Pemilihan umum Kepala Daerah [Pilkada] masih menyisakan waktu 7 Bulan. Namun sejumlah partai politik pemenang Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, sudah mulai membuka pendaftaran. 

Partai Demokrat DPD II Kabupaten Limapuluh Kota misalnya. Sabtu 27 April 2024 menerima formulir pendaftaran bakal calon Bupati priode 2024-2029 Syafni Sikumbang. 

Pengusaha asal Nagari Sariak Laweh, Kecamatan Akabiluru yang mengembangkan bisnisnya di Provinsi Riau mendaftar bersama calon wakilnya Budi Febrian. 

“Ya... kami sudah menerima berkas pendaftaran Bakal Calon Bupati Kabupaten Limapuluh Kota priode 2024-2029 Syafni Sikumbang. Ia datang dan mendaftar bersama calon wakilnya”, ujar Ketua Partai Demokrat DPD II Kabupaten Limapuluh Kota Syamsuwirman.


Ditemani anggota Bapilu Partai Demokrat DPD II Limapuluh Kota Zulfahmi dan Sekretaris Alfian. Syamsuwirman, menyatakan berkas pendaftaran Syafni Sikumbang dan wakilnya, kami nyatakan lengkap.

Sesuai tahapan, proses selanjutnya berkas itu akan kami sampaikan ke Dewan Pimpinan Daerah I [DPDI] Sumatera Barat di Padang.

Syamsuwirman, belum dapat memastikan apakah Syafni Sikumbang dan wakilnya Budi Febrian, akan berlayar bersama partainya mengharungi Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota, November 2024 mendatang.

“Penentuan itu setelah melalui beberapa tahapan setelah kami kirim ke DPD I Partai Demokrat Sumatera Barat di Padang. Kami hanya merekomendasikan kandidat yang mendaftar untuk di proses”, papar Syamsuwirman.


Sementara sejumlah tokoh yang mendampingi Syafni Sikumbang, optimis partai berlabang Mercy akan merekomendasikan putra Sariak Laweh itu berlaga memperebutkan kursi Bupati Kabupaten Limapuluh Kota priode 2024-2029. 

Optimasi itu terlihat dari sejumlah kaum adat dan bundo kanduang yang mendampingi Syafni Sikumbang dan wakilnya Budi Febrian, mendaftar. 

Sementara Syafni Sikumbang, menyatakan pihaknya siap mengharungi Pestra Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Limapuluh Kota. 

Optimis itu, karena saya mendapat dukungan para kaum adat dan bundo Kanduang.

“Saya siap maju di Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota, karena Niniak mamak [Kaum Adat] dan Alim Ulama se Bunga Setangkai yang  berharap”, ujar Syafni Sikumbang.

Sementara tokoh adat dari Nagari Situjuah Mefa Edison Dt Rajo Nan Panjang, tidak menampik kalau ia mendukung penuh Syafni Sikumbang maju di Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota.

Nada yang sama juga disampaikan Bundo Kanduang Afrida dari Piladang, Desmawai, Imah dan Hayaful Khair, bersama Desi Arneli, dari Nagari Batuampa.

Dt. Panduko Rajo dari Nagari Halaban, berharap Partai Demokrat memberikan porsi lebih pada Syafni Sikumbang untuk mengharungi Pilkada Kabupaten Lima Puluh Kota. [asroel bb].