arrow_upward

Perkuat Pemantauan ILP Pada Masyarakat.

Senin, 10 Juni 2024 : Juni 10, 2024


       Payakumbuh,merapinews.com    —

Transformasi sistem pelayanan kesehatan primer yang dilakukan dalam bentuk Integrasi Layanan Primer (ILP) bertujuan untuk mendekatkan layanan kesehatan berkualitas kepada masyarakat.

 Pj Wako Suprayitno, menyatakan hal itu dalam sambutannya pada ILP Puskesmas, Pustu, dan Posyandu Bidang Kesehatan di Aula Ngalau Lt. 3 Balai Kota Payakumbuh, Senin (10/6/2024).

"Ada tiga hal yang menjadi fokus ILP, pertama adalah penerapan siklus hidup sebagai fokus integrasi pelayanan kesehatan.

Kemudian, mendekatkan pelayanan kesehatan melalui jejaring hingga tingkat desa dan kelurahan termasuk memperkuat promosi dan pencegahan melalui deteksi atau screening penyakit.

"Disamping memperkuat pemantauan wilayah melalui digitalisasi dan pemantauan melalui dashboard situasi kesehatan desa/kelurahan.

Ditegaskan Suprayitno, Pemko berkomitmen upaya untuk mewujudkan tiga hal tersebut demi Kota Payakumbuh sehat.

"Penguatan struktur akan kita lakukan melalui penguatan Puskesmas, Pustu, Posyandu, kesehatan sekolah dan kesehatan kerja yang diintegrasikan dalam unit kegiatan PKK di desa dan kelurahan," bebernya.

Dikatakannya, ILP merupakan lompatan besar dalam meningkatkan kesehatan, sehingga membutuhkan partisipasi aktif masyarakat dan koordinasi yang baik dari semua pihak.

"Mari bersama-sama kita sukseskan ILP ini agar Kota Payakumbuh dapat menjadi lebih sehat, dengan pelayanan kesehatan primer yang kuat," harap Supriyanto.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Wawan Sofianto, mentargetkan indikator Puskesmas menerapkan ILP secara nasional sebesar 40 persen atau sekitar 4.072 puskesmas.

"Oleh karena itu, diperlukan pembekalan pengetahuan dan kemampuan serta penguatan peran tentang ILP untuk persiapan pelaksanaannya di Payakumbuh," harapnya.

"Melalui pertemuan ini kita dapat mempercepat dan menyamakan persepsi  tentang ILP yang akan diterapkan, di 8 puskesmas, 173 posyandu, dan 23 pustu yang akan dibina menjalankan layanan primer ini," bebernya


Turut hadir Bagian Tata Pemerintah Setda Kota Payakumbuh, OPD terkait, Camat dan Lurah, TP PKK, serta Kepala Puskesmas se Kota Payakumbuh.(rel/asroel bb)