arrow_upward

Warga Limapuluh Kota Sholat Idul Adha 1445 Hijriah Di RTH Mahkota Berlian

Senin, 17 Juni 2024 : Juni 17, 2024
      Limapuluh Kota,merapinews.com   --- 

Gema takbir mengalun di seantero negeri mengiringi perayaan Idhul Adha 1445 H, tak terkecuali di Lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Mahkota Berlian kawasan IKK Sarilamak, Senin pagi (17/06/2024). 

Lantunan takbir itu bersumber dari Ribuan masyarakat Sarilamak dan sekitar yang datang melaksanakan Ibadah Shalat Idul Adha.

Gelaran Solat Idul Adha di lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Mahkota Berlian itu, difasilitasi Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota bekerjasama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI).

 Momen Sholat Ied menjadi yang kedua kali diselenggarakan Pemkab Lima Puluh Kota di RTH setelah momen Sholat Idul Fitri 1445 Hijriah.

Bertindak sebagai Khatib Prof.H.Syafruddin M.Ag dan Imam Ustadz Bakri. Solat Idul Adha 1445 Hijriah, juga diikuti Bupati Haji Safaruddin Dt Bandaro Rajo, Ketua DPRD Deni Asra, Sekretaris Daerah Herman Azmar, Kepala Kantor Kemenag Lima Puluh Kota Irwan, Ketua TP PKK Nevi Safaruddin, para Asisten serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah di Lima Puluh Kota.

Bupati Haji Safaruddin Dt Bandaro Rajo sesaat sebelum Sholat, mengajak umat menjadikan Ibadah Idul Adha sebagai momentum mengingatkan kembali bahwa kehidupan takkan pernah sepi dari proses perjuangan dan pengorbanan. 

“Pengorbanan harus dengan niat yang ikhlas bertujuan berbagi dengan keluarga terdekat hingga masyarakat," ucap Bupati Haji Safaruddin.

Ia mengingatkan ibadah qurban tidak diukur dari besarnya, namun bagaimana keikhlasan dalam melaksanakan.

"Hari Raya Idul Adha kali ini menyadarkan kita untuk aktif dalam kegiatan sosial. Hal itu sebagai usaha kita berbagi kebahagiaan secara merata, untuk itu mari kita ketuk hati atas kepedulian sosial dan berbagi bersama saudara,” ujarnya. 

Selain itu, Ia juga menyampaikan peningkatan kawasan IKK menjadi salah satu  Visi-Misi Daerah. Saat ini tengah dilakukan pembangunan sejumlah fasilitas Pemerintahan, kesehatan dan Sarana Pendidikan di kawasan IKK.

"Insyaallah tahapannya Tahun ini (2024) sudah mulai dikerjakan. Ada Rumah Sakit Daerah dan Kanror Dinas Pendidikan baru di kawasan IKK.  Harapanya, Sarilamak akan menjadi pusat pemerintahan, perdagangan dan ekonomi dapat segera terwujud", ujar Haji Safaruddin.

Sementara, Kepala Kantor Kemenag, Irwan mengatakan Pemerintah Daerah bersama Kemenag memiliki komitmen yang kuat untuk terus membumikan Visi dan Misi pembangunan daerah yaitu mewujudkan Lima Puluh Kota Madani. 

"Tahun ini kita melaksanakan Shalat Idul Fitri dan Idul Adha di RTH ini, dengan harapan dapat menjadi simbol pembangunan peradaban masyarakat Lima Puluh Kota yang beriman, berilmu dan berbudaya," ucap Irwan. 

Irwan menyampaikan saat ini terdata 4.567 hewan qurban yang merupakan qurban masyarakat Lima Puluh Kota di seluruh Nagari. 

"Kita semua tentu berharap semangat berkurban masyarakat Lima Puluh Kota dapat kita tingkatkan di masa yang akan datang, berkurban merupakan simbol keikhlasan umat untuk meraih taqwa," pesan Irwan.

Setelah penyelenggaraan Sholat Idul Adha, Bupati Safaruddin menyerahkan hewan Qurban untuk Mesjid Kunci Loyang, Komplek Perkantoran Sarilamak. 

Tahun ini juga menyerahkan hewan kurban di sejumlah nagari, diantaranya di Jorong Tanjuang Jajaran Nagari Galugua, Nagari Lubuak Alai, Suayan, Koto Lamo, dan Baruah Gunuang serta di Lapas Kelas III Suliki.(asroel bb/mfs).