arrow_upward

SMP N IV Payakumbuh Kembali Wisuda Tahfidz Siswanya.

Rabu, 08 Mei 2024 : Mei 08, 2024

       Payakumbuh,merapinews.com  --- 
Pemerintah Kota Payakumbuh mengapresiasi Sekolah Menengah Pertama Negri (SMPN) IV Payakumbuh menggelar wisuda Tahfidz untuk kedua kali. 

Pj Wali Kota Payakumbuh, diwakili Sekda Rida Ananda, menyampaikan hal itu saat menghadiri wisuda Tahfidz SMP Negeri IV  angkatan ke II, Rabu (08/05/2024).

"Saya terharu. Saya bangga pada anak-anak kita yang diwisuda haei ini, karena tahu kemuliaan bagi para penghafal alquran," kata Rida. 

"InsyaAllah apa yang dilakukan dalam upaya melahirkan Hafidz Quran akan mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT," ujar Rida.


Didampingi Kadis Pendidikan Dasril. Rida mengatakan Pemerintah Kota Payakumbuh akan terus mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dilaksanakan oleh sekolah dalam upaya mengembangkan minat bakat peserta didik. 

"Nanti segala kekurangan akan coba kita dukung, seperti halnya kekurangan guru Tahfidz di SMP Negeri IV yang nanti kita coba kerjasama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Alquran (STAIDA)," katanya. 

Rida berharap program atau ektra kurikuler Tahfidz dapat terus berjalan serta juga dapat jadi percontohan untuk dikembangkan disekolah lain.

Sementara Kepala SMP Negeri IV Mardiyus mengatakan, Tahfidz merupakan salah satu ekstra kurikuler yang ada di sekolah yang ia dipimpin dan telah melaksanakan wisuda yang kedua. 

"Alhamdulillah hari ini sebanyak  25 peserta didik kita dari kelas XII dan XIII yang diwisuda. Pada tahun lalu kita juga telah melakukan wisuda Tahfidz untuk 25 orang peserta didik," ujarnya. 

Ia mengatakan, saat ini terdapat 30 peserta didik yang mengikuti ekskul tahfidz namun hanya 25 peserta didik yang memenuhi syarat untuk diwisuda. 

Eksul Tahfidz yang dilaksanakan tiga kali dalam sepekan ini dibimbing langsung oleh guru agama yang berpengalaman menjadi guru Tahfidz di SMP IV.

"Wisuda kali ini hafalannya sudah ada yang mencapai 5 juz. Semoga ke depan anak-anak kita dapat terus menambah hafalannya hingga 25 juz," harap Mardiyus.(rel/asroel bb).